Benua Afrika akan Terima 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19

    Willy Haryono - 30 Maret 2021 16:03 WIB
    Benua Afrika akan Terima 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19
    Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)



    Cape Town: Perusahaan Johnson & Johnson dan Tim Akuisisi Vaksin Afrika (AVATT) telah menandatangani sebuah perjanjian untuk menghadirkan 400 juta dosis vaksin Covid-19 ke 55 negara anggota Uni Afrika. Menurut kesepakatan tersebut, 220 juta dosis vaksin Johnson & Johnson akan disalurkan ke negara-negara anggota Uni Afrika di awal kuartal III 2021.

    AVATT juga berpotensi memesan tambahan 180 juta dosis vaksin Johnson & Johnson hingga 2022 mendatang.






    "Sejak awal pandemi, Johnson & Johnson telah menyadari bahwa siapapun belum aman hingga semua orang aman," kata Alex Gorsky, CEO Johnson & Johnson.

    "Kami berkomitmen terhadap kesetaraan akses vaksin Covid-19 di level global," sambungnya, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Selasa, 30 Maret 2021.

    "Dukungan kami untuk COVAX, digabung dengan sejumlah perjanjian pelengkap dengan negara-negara dan kawasan, akan membantu mendorong upaya global dalam mengakhiri pandemi Covid-19," ungkap Gorsky.

    Sebagian besar pasokan vaksin Johnson & Johnson untuk benua Afrika akan dibuat di sejumlah pabrik farmasi di Afrika Selatan yang dioperasikan Aspen Pharm. Jutaan vaksin ini nantinya akan disalurkan African Medical Supplies Platform dalam periode 18 bulan.

    Senin kemarin, Presiden Afsel Cyril Ramaphosa mengunjungi sejumlah fasilitas Aspen Pharm di Port Elizabeth untuk melihat langsung kesiapan produksi vaksin Johnson & Johnson.

    Setidaknya 44 negara Afrika telah menerima vaksin Covid-19 dari COVAX, skema berbagi vaksin yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain dari COVAX, vaksin juga didapat dari perjanjian bilateral.

    Menurut data terbaru Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika pada Selasa ini, total kasus Covid-19 di benua Afrika mencapai 4,18 juta dengan 111,919 kematian dan 3,69 juta pasien sembuh.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id