Protes ke UEA, Palestina Tarik Pulang Duta Besar

    Fajar Nugraha - 14 Agustus 2020 09:08 WIB
    Protes ke UEA, Palestina Tarik Pulang Duta Besar
    Warga Palestina di Gaza mendukung pemerintah melawan Israel dalam sebuah protes. Foto: AFP
    Abu Dhabi: Palestina menarik Duta Besar dari Uni Emirat Arab (UEA) yang membuka hubungan diplomatik secara penuh dengan Israel.

    Kantor berita resmi Palestina mengatakan Duta Besar Palestina untuk Uni Emirat Arab dipanggil kembali. Pembukaan hubungan diplomatik ini akan membuat Israel menangguhkan rencananya untuk mencaplok bagian Tepi Barat.

    Seperti dilansir The Hindustan Times, Jumat 14 Agustus 2020, Palestina telah mengecam kesepakatan itu, menyebutnya sebagai ‘pengkhianatan’ terhadap perjuangan Palestina dan menuntut pencabutannya.

    Israel dan Uni Emirat Arab pada Kamis mengumumkan bahwa mereka membangun hubungan diplomatik penuh dalam kesepakatan yang dimediasi AS. Kesepakatan itu mengharuskan Israel untuk menghentikan rencana kontroversialnya untuk mencaplok tanah Tepi Barat.

    Kesepakatan bersejarah itu memberikan kemenangan kebijakan luar negeri utama kepada Presiden Donald Trump ketika ia berupaya terpilih kembali."Ini mencerminkan Timur Tengah yang berubah di mana kekhawatiran bersama tentang musuh bebuyutan Iran yang sebagian besar telah mengambil alih dukungan tradisional Arab untuk Palestina," ujar Trump.

    Kesepakatan tersebut menjadikan UEA negara Arab ketiga, setelah Mesir dan Yordania, yang memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Israel. Mereka mengumumkannya dalam pernyataan bersama.

    Sebagai hasil dari kesepakatan antara Israel dan UEA diharapkan dalam beberapa minggu mendatang akan ada pembukaan kerja sama di berbagai bidang seperti pariwisata, penerbangan langsung, dan kedutaan.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id