Dubes Iran Cinta Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 31 Juli 2020 15:22 WIB
    Dubes Iran Cinta Indonesia
    Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad. Foto: Kedubes Iran.
    Jakarta: Hubungan diplomatik Indonesia-Iran sudah memasuki usia ke-70 tahun pada 2020 ini. Di tengah pandemi virus korona (covid-19) ini, kedua negara tetap bekerja sama untuk mengatasinya.

    Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara sahabat terpenting bagi Iran. Selain karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak, kedua negara rupanya juga memiliki beberapa kesamaan dalam bahasa dan budaya.

    Dalam program Ngobras bersama Medcom.id, Kamis, 30 Juli 2020, Dubes Azad menceritakan betapa pentingnya hubungan persahabatan Iran dengan Indonesia.

    "Indonesia adalah negara yang penting bagi Iran, dan kerja sama dengan Indonesia selalu menjadi salah satu prioritas kami, apalagi di era pandemi," tutur Dubes Azad.

    Dia mengatakan dalam kerja sama covid-19, kedua kepala negara sudah berbincang melalui telepon. "Dalam pembicaraan tersebut, kedua pihak menyatakan kesiapannya untuk membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam hal menangani covid secara maksimal," terangnya.

    Sebagai tindak lanjut komunikasi kedua presiden, Kementerian Kesehatan Iran dan Indonesia telah dua kali berkomunikasi secara virtual. Bahkan, tepat sebelum wawancara, Dubes Azad melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

    "Kami membahas langkah-langkah yang perlu diambil untuk memaksimalkan kerja sama kedua pihak dalam mengatasi covid-19," ujarnya.

    Dubes Azad mengatakan dia melihat Indonesia sebagai negara mandiri yang tegas dan mampu menjalankan perannya di dunia internasional. Karenanya, Iran memiliki hubungan erat dengan Indonesia di berbagai bidang.

    "Dalam tiga kali saya bertugas di Indonesia, bisa dikatakan hubungan kita sangat erat, bagus sekali. Nantinya kita bisa meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, milenial, antarmasyarakat, dan lain sebagainya," imbuh dia.

    Dia berharap Indonesia dan Iran ke depannya dapat membawa perkembangan dalam menciptakan perdamaian, kestabilan, dan kemakmuran dunia.

    "Perasaan saya ke Indonesia itu ACI, artinya, Aku Cinta Indonesia," pungkas dia.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id