Yordania Berlakukan Jam Malam, Pelanggar Diancam Vonis Penjara

    Willy Haryono - 21 Maret 2020 18:01 WIB
    Yordania Berlakukan Jam Malam, Pelanggar Diancam Vonis Penjara
    Prajurit Yordania bersiaga di jalanan kota Amman di tengah penyebaran virus covid-19, 18 Maret 2020. (Foto: Khalil Mazraawi/AFP)
    Amman: Yordania membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya jam malam yang akan membatasi pergerakan sekitar 10 juta warga hingga jangka waktu yang tak ditentukan. Aturan jam malam diberlakukan di tengah pandemi penyakit virus corona (covid-19).

    Dikutip dari Guardian, Sabtu 21 Maret 2020, aturan jam malam meliputi pembatasan pergerakan semua warga. Warga hanya dapat keluar rumah untuk urusan darurat atau mendesak, seperti pergi ke rumah sakit atau membeli bahan makanan.

    Militer Yordania menegaskan, siapapun yang terbukti melanggar aturan jam malam ini akan langsung dijebloskan ke penjara. Masa hukuman beragam, dengan vonis maksimal satu tahun penjara.

    Ribuan prajurit Yordania telah dikerahkan ke sejumlah kota. Mereka juga disiagakan di berbagai ruas jalan utama untuk menegakkan aturan jam malam.

    Sejak Selasa 17 Maret, Yordania telah menutup perbatasan darat dan laut dengan Suriah, Irak, Mesir, dan Israel. Yordania juga telah menutup penerbangan internasional dari semua negara.

    Beberapa negara di kawasan Teluk juga telah memberlakukan aturan serupa terkait penerbangan. Arab Saudi sudah terlebih dahulu menutup semua penerbangan internasional, dan juga menangguhkan sementara ibadah Umrah.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, jumlah kasus covid-19 di Yordania mencapai 85.

    Pemerintah Yordania mengatakan saat ini sekitar 5.000 orang masih menjalani karantina covid-19 di sejumlah hotel di Amman dan wilayah Laut Mati.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id