KBRI Beirut Repatriasi 104 WNI Korban TPPO di Suriah

    Marcheilla Ariesta - 18 Juli 2020 14:26 WIB
    KBRI Beirut Repatriasi 104 WNI Korban TPPO di Suriah
    WNI korban TPPO di Suriah dipulangkan. Foto: Dok. KBRI Beirut.
    Beirut: KBRI Beirut bekerja sama dengan KBRI Damaskus memulangkan 104 warga negara Indonesia (WNI) dari Suriah. Para WNI ini merupakan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Suriah.

    "KBRI telah melakukan persiapan ketat untuk perjalanan jarak jauh dari Damaskus ke Beirut hingga Indonesia, mulai dari kelengkapan dokumen, tes kesehatan, serta koordinasi intensif dengan pihak keamanan imigrasi Lebanon dan Bandara Rafik Hariri," kata KBRI Beirut dalam pernyataan di situs resmi Kementerian Luar Negeri, Sabtu, 18 Juli 2020.

    Dalam pesannya, Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Thohari mengatakan KBRI Beirut memfasilitasi dan memproses keberangkatan para WNI ini di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    "Dengan kerjasama yang intens KBRI Beirut dengan General Security Lebanon untuk proses kelengkapan dokumen dan perijinan bagi 104 WNI tersebut agar dapat dipastikan berjalan perjalanan para WNI berjalan dengan lancar dan tertib," kata dia.

    Dubes Hajriyanto menegaskan KBRI Beirut juga bersikeras memastikan perjalanan para WNI kembali ke Indonesia berjalan aman. Terlebih, imbuh dia, di tengah pandemi covid-19.

    Repatriasi di masa pandemi terasa berbeda, pasalnya bandara Lebanon yang baru saja dibuka, menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    "KBRI mengupayakan yang terbaik demi suksesnya kegiatan pemulangan WNI yang jumlahnya tidak sedikit itu," imbuh mereka.

    Saat ini, jumlah kasus covid-19 di Lebanon sebanyak 2.599, 40 diantaranya meninggal dan 1.485 orang sembuh. 

    Jumlah seluruh WNI di Lebanon mencapai 1.447 orang, dengan rincian 1.234 orang Pasukan Perdamaian di UNIFIL, 78 orang mahasiswa Indonesia di berbagai universitas di Lebanon, dan 135 orang lainnya bekerja di sektor pemerintahan, organisasi internasional, sektor jasa, serta WNI yang menikah dengan WNA beserta keluarga.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id