Hampir 700 Pasien Dievakuasi dari Kebakaran di Rumah Sakit Afsel

    Willy Haryono - 18 April 2021 14:18 WIB
    Hampir 700 Pasien Dievakuasi dari Kebakaran di Rumah Sakit Afsel
    Asap mengepul dari rumah sakit Charlotte Maxete Hospital di Johannesburg, Afrika Selatan pada 16 April 2021. (WIKUS DE WET / AFP)



    Johannesburg: Hampir 700 pasien dievakuasi dari tragedi kebakaran yang melanda rumah sakit Charlotte Maxete Hospital di Johannesburg, Afrika Selatan, pada Sabtu, 17 April. Sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut.

    Menurut keterangan dari Premier Provinsi Gauteng, David Makhura, api telah berhasil dipadamkan namun rumah sakit tersebut ditutup selama tujuh hari.






    Sejak Sabtu pagi, kobaran api di rumah sakit Charlotte Maxete Hospital telah membuat area parkir di lantai 3 bangunan tersebut roboh.

    Dilansir dari laman Voice of America pada Minggu, 18 April 2021, sebanyak 60 petugas pemadam berjuang memadamkan api sepanjang malam. Kebakaran disebut dimulai sejak Jumat pagi, dan berhasil dikendalikan pada petang hari.

    Namun memasuki waktu malam, api kembali berkobar dan terus menyala hingga Sabtu dini hari. Kebakaran telah menghancurkan sejumlah bagian di rumah sakit, yang mempunyai lebih dari 1.000 tempat tidur.

    Charlotte Maxete Hospital juga merupakan salah satu rumah sakit yang dijadikan pusat perawatan Covid-19 di Gauteng. Saat kebakaran, rumah sakit tersebut sedang menangani 13 pasien Covid-19, dua di unit perawatan intensif, dan 11 di bangsal umum.

    Baca:  Kematian akibat Covid-19 di Afrika Lampaui 100 Ribu

    "Kebakaran telah berhasil dikendalikan di beberapa bagian. Kami menutup rumah sakit sebagai langkah antisipasi karena ada begitu banyak asap," ucap Makhura.

    Menurut keterangan sejumlah pejabat setempat, kebakaran diduga berasal dari sebuah gudang tempat penyimpanan pasokan penanganan pasien Covid-19, termasuk alat pelindung diri (APD).

    Makhura menegaskan, sebuah investigasi akan diluncurkan untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id