Mesir Sita Kapal Ever Given, Tuntut Kompensasi Rp13,1 Triliun

    Juven Martua Sitompul - 14 April 2021 05:52 WIB
    Mesir Sita Kapal Ever Given, Tuntut Kompensasi Rp13,1 Triliun
    Kapal kargo MV Ever Given memblokir jalur Terusan Suez. Foto: AFP



    Kairo: Kapal kargo raksasa yang memblokir Terusan Suez di Mesir dan melumpuhkan perdagangan dunia selama hampir seminggu, telah ‘disita’. Perintah pengadilan menyebutkan pemilik kapal harus mmbayar USD900 juta atau sekitara Rp13,1 Triliun.

    Kapal MV Ever Given seberat 200.000 ton terjebak secara diagonal di arteri perdagangan global yang sempit namun penting. Kapal itu karam dalam badai pasir pada 23 Maret, memicu upaya besar-besaran selama enam hari oleh personel Mesir dan spesialis penyelamatan internasional untuk melepaskannya.

     



    Perusahaan data maritim Lloyd's List mengatakan penyumbatan oleh kapal, yang lebih panjang dari empat lapangan sepak bola, menahan sekitar USS 9,6 miliar kargo antara Asia dan Eropa setiap hari karena macet.

    “Mesir juga kehilangan pendapatan antara USD12 juta dan USD15 juta (Rp175 miliar hingga Rp219 miliar) untuk setiap hari penutupan saluran air,” menurut otoritas kanal.

    "Ever Given disita karena gagal membayar ganti rugi USD900 juta," kata kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie seperti dikutip oleh Al-Ahram, sebuah surat kabar milik pemerintah.

    Rabie tidak secara eksplisit mengutip pemilik Jepang Shoei Kisen Kaisha, tetapi sumber berbeda di SCA mengatakan kepada AFP pada Selasa bahwa negosiasi mengenai kerusakan antara perusahaan itu, perusahaan asuransi dan otoritas kanal sedang berlangsung.

    Kapal milik Jepang, yang dioperasikan Taiwan, dan berbendera Panama dipindahkan ke tempat berlabuh yang tidak mengganggu di Great Bitter Lake di kanal itu setelah dibebaskan pada 29 Maret, dan tailback sebanyak 420 kapal di pintu masuk utara dan selatan ke kanal dibersihkan pada awal April.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id