Hizbullah Tembak Jatuh Drone Pengintai Israel

    Willy Haryono - 23 Agustus 2020 15:04 WIB
    Hizbullah Tembak Jatuh Drone Pengintai Israel
    Kemenhan Lebanon memajang drone milik Israel yang ditembak jatuh pada 2019. (Foto: Joesph Eid/AFP)
    Beirut: Kelompok Hizbullah mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak (drone) tipe pengintai milik Israel di dekat perbatasan selatan Lebanon. Dalam sebuah pernyataan resmi, Hizbullah mengatakan drone Israel tersebut telah melanggar zona udara sehingga ditembak jatuh di dekat kota Aita al-shaab.

    "Drone tersebut kini sudah berada di tangan kami," ujar pernyataan singkat Hizbullah, dilansir dari laman Mehr News Agency, Minggu 23 Agustus 2020.

    Sementara itu, juru bicara militer Israel mengonfirmasi adanya drone yang ditembak jatuh. Tel Aviv mengaku tidak khawatir atas data-data yang tersimpan di drone tersebut.

    Selama ini Lebanon berulang kali mengecam pelanggaran konsisten drone atau pesawat Israel di zona udara mereka. Lebanon telah beberapa kali melaporkan pelanggaran tersebut ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.

    Juni lalu, Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan bahwa Israel telah "melanggar kedaulatan" Lebanon sebanyak 2.290 kali sepanjang 2019.

    Untuk lima bulan pertama 2020, Diab mengatakan Israel telah melakukan 374 kali pelanggaran di perbatasan darat, 386 di perbatasan laut, dan 250 di udara.

    Agustus tahun lalu, Hizbullah dua drone Israel di atas wilayah Dhahyeh, sebelah selatan Lebanon. Ditembaknya kedua drone memicu suara keras, yang sempat dikira asyarakat Beirut sebagai bom.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id