Iran Salahkan Sejumlah Negara Selain AS atas Kematian Soleimani

    Willy Haryono - 03 Januari 2021 18:03 WIB
    Iran Salahkan Sejumlah Negara Selain AS atas Kematian Soleimani
    Ribuan orang di Iran berduka atas kematian Qassem Soleimani. (AFP)
    Teheran: Media nasional Iran merilis artikel yang menyebutkan bahwa sejumlah negara selain Amerika Serikat turut bertanggung jawab atas kematian Mayor Jenderal Qassem Soleimani. Negara-negara tersebut meliputi Irak, Suriah, Lebanon, Yordania, Kuwait, Qatar, Jerman, dan Inggris.

    Soleimani tewas diserang pesawat nirawak milik AS saat dirinya mengunjungi Baghdad pada 3 Januari 2020.

    Menurut laporan di DEFA Press, dan dilansir oleh DW pada Minggu, 3 Januari 2021, lebih banyak negara akan dimasukkan ke dalam daftar pihak bertanggung jawab setelah investigasi pembunuhan Soleimani berakhir.

    "Kita harus belajar dari pengalaman ini, dan kita juga harus berusaha menjaga kesatuan nasional," tulis artikel di DEFA Press.

    Rabu kemarin, jaksa Iran Ali Alqasimehr mengklaim bahwa sebuah perusahaan keamanan Inggris dan pangkalan udara di Jerman turut memainkan peran dalam pembunuhan Soleimani. Tanpa menyuguhkan bukti, ia menyebut perusahaan G4S terlibat dalam pembunuhan sang jenderal.

    Pemerintah Iran menuduh AS menggunakan pangkalan udara Ramstein Air Base di Jerman dalam meluncurkan drone yang menewaskan Soleimani.

    Baca:  Kedubes Iran Kecam AS di Peringatan Satu Tahun Kematian Soleimani

    Berbicara pada malam menjelang peringatan satu tahun pembunuhan Soleimani, Kepala Korps Garda Revolusioner Iran Hossein Salami berjanji untuk merespons "segala tindakan yang diambil musuh." Ucapan disampaikan saat dirinya mengunjungi sebuah pulau  di wilayah Teluk dekat Selat Hormuz.

    "Respons cepat akan diambil terhadap segala jenis aksi yang dilakukan musuh terhadap kita," tegas Salami.

    Esmail Ghaani, tokoh yang menggantikan Soleimani sebagai kepala pasukan Quds, menegaskan bahwa Iran siap membalas dendam. "Dari dalam rumah Anda, mungkin akan ada seseorang yang membalas kejahatan yang telah Anda lakukan," tutur Ghaani, tanpa menyebutkan siapa yang dimaksud.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id