Menlu AS Akan Kunjungi Pemukiman Yahudi di Tanah Palestina

    Fajar Nugraha - 13 November 2020 17:04 WIB
    Menlu AS Akan Kunjungi Pemukiman Yahudi di Tanah Palestina
    Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke pemukiman Yahudi di Palestina. Foto: AFP
    Tepi Barat: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan mengunjungi Dataran Tinggi Golan dan juga pemukiman Yahudi yang berada di Tepi Barat, Palestina. Ini merupakan kunjungan Menlu AS di kedua lokasi tersebut.

    Golan dan pemukiman Yahudi di Tepi Barat dianggap ditempati secara ilegal. Komunitas internasional mengecam Israel yang membangun pemukiman di lahan itu.

    “Kedua kunjungan tersebut akan menjadi yang pertama bagi seorang Menteri Luar Negeri AS,” sebut situs berita Axios, seperti dikutip Anadolu, Jumat 13 November 2020.

    Tepi Barat dan Dataran Tinggi Golan telah diperlakukan sebagai wilayah pendudukan oleh semua pemerintahan AS sejak 1967.

    Israel secara sepihak mencaplok Dataran Tinggi Golan pada 1981, sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Namun, pada Maret 2019, pemerintahan Trump mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel.

    “Menlu Pompeo akan mendarat di Israel pada Rabu dan diperkirakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat lainnya,” menurut Axios.

    “Selain itu, Pompeo dan istrinya "diharapkan untuk melakukan kunjungan pribadi ke Qasr Al-Yahud - situs pembaptisan Kristen di Sungai Jordan dekat Jericho di Tepi Barat," kata laporan itu.

    Situs Axios menilai, perjalanan itu bertujuan untuk menyoroti perubahan kebijakan pemerintahan Trump di Israel. Sementara untuk Pompeo, itu juga memiliki signifikansi politik domestik menjelang kemungkinan pencalonan presiden pada 2024.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id