comscore

Hamas Klaim Berhasil Tangkap Lumba-lumba yang Jadi Mata-mata Israel

Fajar Nugraha - 13 Januari 2022 14:25 WIB
Hamas Klaim Berhasil Tangkap Lumba-lumba yang Jadi Mata-mata Israel
Seorang anggota Hamas yang memegang sebuah alat harness yang diduga dikenakan lumba-lumba mata-mata Israel. Foto: Daily Mail.
Gaza: Hamas telah mengklaim telah menangkap mata-mata 'lumba-lumba pembunuh' Israel. Lumba-lumba ini dipersenjatai dengan 'senjata yang mampu membunuh' para pejuangnya di lepas pantai Gaza.

Sebuah video yang diposting online oleh sayap militer organisasi Palestina itu mengklaim salah satu unit tempur angkatan lautnya telah menemukan dan menangkap operasi air yang bermusuhan saat berada di laut.

 



Dikatakan, unit angkatan laut itu dikejar oleh agen intelijen Israel yang diduga, yang mengenakan baju zirah yang dilengkapi dengan senjata yang mampu 'membunuh' pejuang Hamas.

Juru Bicara Hamas Abu Hamza mengatakan, dalam video bahwa lumba-lumba itu ditemukan oleh salah satu pejuang kelompok tersebut.

Israel sendiri memiliki armada kapal selam 'kelas Dolphin' tetapi video Hamas memperjelas bahwa kelompok itu mengacu pada mamalia dan bukan kapal.

Mereka menunjukkan rekaman harness, yang diduga diambil dari mata-mata yang ditangkap, yang diisi dengan senjata seperti pistol tombak. Tetapi harness itu terlihat mirip dengan perangkat yang digunakan dalam eksperimen angkatan laut AS, Rusia, dan Ukraina.

Israel belum menanggapi tuduhan tersebut.

“Harness yang diduga berbentuk kerucut dan bisa saja dipasang pada moncong lumba-lumba - mirip dengan harness yang digunakan oleh program angkatan laut AS, Ukraina dan Rusia,” menurut analis pertahanan H.I Sutton, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis 13 Januari 2022.

Ini bukan pertama kalinya Hamas mengklaim badan intelijen Israel Mossad menggunakan lumba-lumba untuk memata-matai. Pada Agustus 2015, kelompok itu mengatakan telah menangkap salah satu yang diduga agen rahasia.

Hamas mengatakan salah satu unit angkatan laut brigade militernya telah menangkap lumba-lumba di lepas pantai Gaza pada Juli 2015 setelah mendeteksi pergerakan di luar pelabuhan.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id