Putra Mahkota Arab Saudi Bertemu Menantu Trump Bahas Palestina

    Marcheilla Ariesta - 02 September 2020 17:57 WIB
    Putra Mahkota Arab Saudi Bertemu Menantu Trump Bahas Palestina
    Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
    Riyadh: Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman bertemu dengan menantu Presiden AS Donald Trump yang juga adalah Penasihat Senior AS, Jared Kushner. Dalam pertemuan Selasa, 1 September, keduanya membahas perlu adanya negosiasi lanjutan antara pihak Palestina dan Israel untuk mencapai perdamaian.

    "Keduanya membahas kemitraan antara kedua negara sahabat dan pentingnya memperkuatnya di semua bidang, terutama untuk mencapai keamanan dan stabilitas di kawasan," demikian dilaporkan dari kantor berita Saudi Press Agency, Rabu, 2 September 2020.

    SPA juga menambahkan jika keduanya membahas mengenai negosiasi lanjutan untuk perdamaian Israel dan Palestina.

    "Mereka juga membahas prospek proses perdamaian di kawasan dan kebutuhan untuk melanjutkan negosiasi antara pihak Palestina dan Israel untuk mencapai perdamaian adil dan abadi," imbuh pernyataan tersebut.

    Kushner berada di Bahrain sehari sebelumnya untuk bertemu dengan Raja Bahrain, Hamad bin Isa al-Khalifa. Ia juga mengunjungi Uni Emirat Arab untuk menjadi bagian penerbangan langsung bersejarah antara Tel Aviv dan Abu Dhabi.

    Hal tersebut merupakan bagian dari normalisasi hubungan Israel dengan Uni Emirat Arab. Kedua negara dijadwalkan menandatangani kesepakatan tersebut secara formal di Gedung Putih dalam beberapa pekan ke depan.

    Media Israel merayakan penerbangan langsung tersebut, yang merupakan suatu terobosan karena untuk kali pertama pesawat dari Tel Aviv diizinkan melintasi zona udara Arab Saudi menuju UEA.
     
    "Penerbangan Perdamaian" merupakan judul utama di surat kabar Israel, Yediot Aharonot. "Dilihat dari sisi manapun, ini merupakan peristiwa bersejarah," tulis laporan di media tersebut.

    AS sedang menjalankan misi diplomasi dalam mendorong lebih banyak negara Arab untuk menyepakati perjanjian dengan Israel. Meski belum ada satu negara pun yang mengumumkan langkah seperti itu, Kushner berharap Israel dapat segera menyepakati perjanjian normalisasi dengan negara Arab lainnya.

    (WAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id