Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Warga Negara Asing

    Willy Haryono - 01 November 2020 15:53 WIB
    Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Warga Negara Asing
    Sekelompok jemaah menunaikan ibadah salat di sekitar Kakbah dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. (AFP)
    Riyadh: Arab Saudi mulai mengizinkan warga negara lain untuk menunaikan Umrah pada Minggu, 1 November 2020. Umrah sempat ditutup Arab Saudi selama lebih kurang tujuh bulan akibat pandemi virus korona (covid-19).

    Pembukaan Umrah untuk warga asing merupakan bagian dari pelonggaran bertahap yang dilakukan Saudi dalam meredam penyebaran covid-19.

    Di bawah pelonggaran pembatasan terbaru, total 80 ribu jemaah diizinkan beribadah di Masjidil Haram, Makkah, pada setiap harinya. Dilansir dari laman Anadolu Agency, Saudi belum memaparkan detail mengenai warga dari negara mana saja yang sudah boleh menunaikan Umrah.

    Baca:  Kemenag: 26 Ribu Jemaah Penuhi Syarat Usia Umrah di Masa Pandemi

    Pada 4 Oktober lalu, otoritas Saudi mengizinkan warga lokal dan warga asing yang sudah berada di dalam negeri untuk menunaikan salat di Masjidil Haram dalam kapasitas 30 persen atau 6.000 orang per hari.

    Memasuki tanggal 18 Oktober, Saudi mengizinkan 15 ribu jemaah per hari untuk menunaikan Umrah dan salat di Masjid Nabawi di Madinah.

    Karena pandemi covid-19, ibadah Haji tahun ini dibatasi hanya bagi mereka yang sudah ada di Arab Saudi. Sementara calon jemaah Haji dari luar negeri tidak diizinkan masuk ke Saudi.

    Sebelumnya, kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa barikade di sekitar Kakbah dan batu Hajar Aswad akan tetap dipasang. Jemaah Umrah dilarang memegang atau bahkan sekadar mendekati Kakbah, yang merupakan bagian dari kebijakan pembatasan covid-19.
     
    Masjidil Haram, tempat Kakbah berdiri, akan disemprot disinfektan sebanyak 10 kali dalam sehari. Otoritas Saudi telah menyiapkan ruangan karantina untuk mengantisipasi adanya jemaah Umrah yang memperlihatkan gejala-gejala covid-19.

    Sejauh ini Arab Saudi mencatat total 347.282 kasus covid-19 dengan 5.402 kematian sejak infeksi pertama terdeteksi di negara tersebut pada Maret lalu.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id