Ledakan Dekat Akademi Polisi Somalia Tewaskan 5 Orang

    Willy Haryono - 18 November 2020 14:38 WIB
    Ledakan Dekat Akademi Polisi Somalia Tewaskan 5 Orang
    Warga Somalia terkejut dan sedih usai terjadinya ledakan dekat sebuah akademi polisi di Mogadishu pada Selasa, 17 November 2020. (AFP)
    Mogadishu: Setidaknya lima orang tewas dalam ledakan di sebuah restoran yang berada dekat akademi polisi di Mogadishu, Somalia pada Selasa, 17 November 2020. Mohamed Abdirahman, seorang polisi di lokasi kejadian, mengatakan bahwa dua dari lima korban tewas adalah aparat keamanan.

    Kepada kantor berita AFP, Abdirahman mengatakan bahwa lebih dari 10 orang juga terluka dalam ledakan bom bunuh diri tersebut. Beberapa dari korban mengalami luka serius, dan saat ini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

    Abdukadir Hussein, salah satu saksi mata, mengatakan bahwa ada puluhan orang di dalam restoran saat ledakan terjadi. "Banyak orang di dalam sana terluka, dan saya sendiri melihat ada dua korban tewas," sebut Hussein.

    "Seluruh area ini begitu berantakan usai ledakan," sambungnya, dilansir dari laman Al Jazeera.

    Saksi mata lainnya, penjaga toko bernama Mohamed Ali, mengatakan bahwa aparat melepaskan tembakan usai ledakan. Ia mengaku melihat kepulan asap besar di atas restoran, serta mendengar suara ambulans yang beramai-ramai mendatangi lokasi kejadian.

    Mohamud Ahmed, saksi lainnya, mengatakan banyak orang berada di restoran tersebut hanya untuk berteduh di tengah hujan deras. Karena berada di dalam restoran, ia mengaku mengalami beberapa luka di bagian kaki, lengan, dan kepala.

    Kelompok militan al-Shabab mengklaim bertanggung jawab atas serangan terbaru di Mogadishu, berdasarkan laporan dari situs pemantau aktivitas ektremisme, SITE.

    Al-Shabab, grup terafiliasi al-Qaeda, sering melancarkan serangan bom dan senjata api terhadap personel militer dan warga sipil di Somalia. Tujuan utama dari al-Shabab adalah menggulingkan pemerintahan Somalia.

    Oktober lalu, setidaknya 13 prajurit Somalia tewas diserang al-Shabab di dekat distrik Afgoye. Sementara dua bulan sebelumnya, 10 warga sipil dan satu polisi tewas terkena serangan al-Shabab di sebuah hotel di Mogadishu.

    Baca: Grup Militan Al-Shabab Bangun Pusat Covid-19 di Somalia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id