Iran Tuduh Israel Bunuh Ilmuwan Nuklir dari Jarak Jauh

    Fajar Nugraha - 01 Desember 2020 05:32 WIB
    Iran Tuduh Israel Bunuh Ilmuwan Nuklir dari Jarak Jauh
    Prosesi pemakaman ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh. Foto: AFP
    Teheran: Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran, memberikan komentar pada pemakaman Mohsen Fakhrizadeh. Menurutnya, Israel membunuh Fakhrizadeh dari jarak jauh.

    “Israel menggunakan ‘perangkat elektronik’ untuk membunuh ilmuwan kami,” ujar Shamkhani, seperti dikutip The Telegraph, Selasa 1 Desember 2020.

    Ali Shamkhani memberikan komentar pada pemakaman Mohsen Fakhrizadeh, di mana menteri pertahanan Iran secara terpisah bersumpah untuk melanjutkan pekerjaan pria itu "dengan lebih cepat dan lebih banyak kekuatan".

    Baca: Pengamat Iran Serukan Serangan Balasan ke Pelabuhan Haifa di Israel.

    Israel, yang telah lama dicurigai membunuh ilmuwan yang mendirikan program nuklir militer Republik Islam Iran itu pada tahun 2000-an, menolak berkomentar tentang serangan itu.

    Fakhrizadeh mengepalai apa yang disebut program AMAD Iran. Program ini dituduh Israel dan Barat sebagai operasi militer yang melihat kelayakan untuk membangun senjata nuklir.

    Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan bahwa "program terstruktur" berakhir pada 2003. Badan intelijen AS setuju dengan penilaian itu dalam laporan  2007.

    Sementara Israel menegaskan Iran masih mempertahankan ambisi mengembangkan senjata nuklir, merujuk pada program rudal balistik Teheran dan penelitian teknologi lainnya. Namun Iran telah lama mempertahankan program nuklirnya untuk tujuan damai. Pernyataan Shamkhani secara drastis mengubah kisah pembunuhan Fakhrizadeh pada Jumat.

    Pihak berwenang awalnya mengatakan sebuah truk meledak dan kemudian orang-orang bersenjata menembaki ilmuwan itu, membunuhnya.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id