Lansia Israel Meninggal usai Disuntik Dosis Kedua Vaksin Covid-19

    Willy Haryono - 24 Januari 2021 18:43 WIB
    Lansia Israel Meninggal usai Disuntik Dosis Kedua Vaksin Covid-19
    Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)
    Tel Aviv: Seorang pria berusia 67 tahun di Israel, Eddie Avitan, meninggal dunia sekitar dua hari usai menerima dosis kedua vaksin virus korona (covid-19). Avitan meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit di kota Kiryat Malachi pada Sabtu malam.

    "Seorang pria yang dikenal baik di kota ini. Penyebab kematiannya belum dapat dipastikan, namun menurut beberapa teman, ia merasa tidak enak badan usai menerima vaksin," tulis seorang jurnalis bernama Almog Boker, dilansir dari laman Arutz Sheva pada Minggu, 24 Januari 2021.

    "Ia sempat dirawat di unit perawatan intensif. Setelah menjalani tes dan diizinkan pulang, ia meninggal dunia, kelihatannya akibat penyakit jantung," lanjutnya.

    Israel melaporkan beberapa kematian dan efek samping terkait vaksinasi covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. 

    Baca:  Pria Israel Dilaporkan Meninggal Usai Disuntik Vaksin Covid-19

    Beberapa pekan lalu, seorang perempuan berusia 75 tahun yang menerima dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech ditemukan meninggal di rumahnya di kota Lod. Insiden ini merupakan kematian pertama terkait dosis kedua vaksin Pfizer di Israel.

    Sebelumnya, seorang pria berusia 23 tahun dilaporkan mengalami sindrom peradangan langka yang memicu kerusakan fungsi hati usai menerima vaksin covid-19.

    Efek samping tak biasa itu dilaporkan setelah adanya dua lansia di Israel yang meninggal usai menerima vaksin covid-19. Namun, Kementerian Kesehatan Israel mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada kaitan antara dua kematian tersebut dan vaksin.

    Dalam kasus pertama, seorang pria berusia 75 tahun di kota Beit She'an meninggal akibat gagal jantung sekitar dua jam usai disuntik vaksin. Satu hari setelahnya, pria 88 tahun jatuh di rumahnya beberapa jam usai vaksinasi, dan kemudian dinyatakan meninggal.

    Untuk kasus kedua, rumah sakit Hadassah Mount Scopus melaporkan bahwa pria itu memiliki kondisi kesehatan buruk yang kompleks dan cukup parah.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id