Warga Turki Penuhi Hagia Sophia Untuk Salat Iduladha

    Marcheilla Ariesta - 31 Juli 2020 16:46 WIB
    Warga Turki Penuhi Hagia Sophia Untuk Salat Iduladha
    Warga Turki salat Iduladha pertama kali di Hagia Sophia. Foto: AFP.
    Istanbul: Masyarakat Turki beramai-ramai melakukan salat Iduladha untuk kali pertama dalam 85 tahun terakhir di Masjid Hagia Sophia. Pekan lalu, masjid ini digunakan untuk salat Jumat kali pertama.

    Dalam video AFP, Jumat, 31 Juli 2020, terlihat orang-orang berkumpul di luar Hagia Sophia Istanbul, sejak pagi hari. Salat Iduladha digelar pukul 06.30 waktu setempat.

    Salat Iduladha pertama di Hagia Sophia dipimpin kepala Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet) Ali Erbas. Laman Daily Sabah melaporkan, Ketua Parlemen Mustafa Sentop, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Ali Karaismailoglu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya, dan Walikota distrik Fatih Istanbul Mehmet Ergun Turan bergabung dalam salat berjemaah tersebut.

    Pada 10 Juli lalu, pengadilan Turki membatalkan Dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Ini awal status Hagia Sophia berubah menjadi masjid kembali.

    Jumat pekan lalu, tepatnya dua pekan setelah keputusan pengadilan, salat Jumat pertama digelar di Hagia Sophia dan dihadiri sekitar 350 ribu orang, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan.

    Di Turki, Iduladha atau yang dikenal di sana dengan sebutan Qurban Bayram, menandakan berakhirnya ibadah haji. Ini juga merupakan perayaan keagamaan terpenting kedua setelah Ramadan Bayram, atau yang dikenal dengan Idulfitri.

    Perayaan ini dianggap sebagai waktunya untuk berbagi hadiah dan makanan kepada teman, keluarga, serta orang yang membutuhkan. Daging hewan kurban biasanya dibagi menjadi tiga bagian untuk kategori tersebut.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id