comscore

Menteri Israel Cerca Polisi atas Serangan Pemakaman Shireen Abu Akleh

Medcom - 18 Mei 2022 12:30 WIB
Menteri Israel Cerca Polisi atas Serangan Pemakaman Shireen Abu Akleh
Pasukan Israel menyerbu pelayat pemakaman Shireen Abu Akleh di Yerusalem, Jumat, 13 Mei 2022. (AFP / Ahmed Gharabli)
Yerusalem: Menteri Kerja Sama Regional Israel Issawi Frej pada akhir pekan kemarin melayangkan kritik terhadap kepolisian Israel atas serangan di prosesi pemakaman jurnalis Palestina dari media Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, di Yerusalem Timur. Aksi polisi kala itu dianggap memalukan.

Frej, yang juga anggota parlemen Arab di Knesset, parlemen Israel, mengatakan bahwa polisi telah "menodai" memori Shireen. Melalui Twitter, Frej menyebut polisi "tidak menunjukkan rasa hormat kepada para pelayat" dan mengakibatkan "kekacauan yang tidak perlu."
Sang menteri mengaku tidak dapat memahami ketakutan polisi Israel akan bendera Palestina selama pemakaman, yang merupakan alasan di balik penyerangan. Ia mengatakan dirinya duduk dengan menteri-menteri Palestina, di mana bendera Israel dan Palestina dipasang berdampingan di atas meja.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa (UE), dan puluhan pejabat di seluruh dunia termasuk Kongres Amerika Serikat (AS) mengecam tekanan yang dilakukan Israel kepada pelayat Palestina dalam pemakaman jurnalis tersebut.

Jumat kemarin, polisi Israel mengepung pelayat, menggunakan granat setrum (stun grenade) dan baton untuk menyerang para pelayat yang mengusung peti mati Shireen saat dibawa keluar dari Rumah Sakit St. Joseph French di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Shireen Abu Akleh, jurnalis veteran berusia 51 tahun, ditembak mati saat tengah meliput serangan militer Israel di dekat kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat pada Rabu, 11 Mei 2022. Para pejabat Palestina dan media tempatnya bekerja, Al Jazeera, mengatakan bahwa ia dibunuh oleh pasukan Israel. (Kaylina Ivani)

Baca:  RS Yerusalem Tuntut Polisi Israel atas Serbuan Pemakaman Shireen Abu Akleh

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id