comscore

Pertama Sejak Perang Sipil, Presiden Suriah Kunjungi Negara Arab

Willy Haryono - 19 Maret 2022 12:19 WIB
Pertama Sejak Perang Sipil, Presiden Suriah Kunjungi Negara Arab
Presiden Suriah Bashar al-Assad (kiri) bertemu Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan di Dubai, UEA, 18 Maret 2022. (Syrian Presidency Facebook page/AFP)
Abu Dhabi: Presiden Suriah Bashar al-Assad melakukan kunjungan perdananya ke negara Arab sejak perang sipil berkecamuk di negaranya 11 tahun lalu. Assad tiba di Uni Emirat Arab (UEA) pada Jumat, 18 Maret, dan bertemu beberapa tokoh yang mengindikasikan kesediaan untuk kembali memperkuat hubungan dengan Suriah.

Kunjungan ini merupakan pertanda bahwa hubungan Suriah dengan beberapa negara tetangga Arab akan kembali menghangat. Sejak 2011, negara-negara Arab cenderung mengisolasi Assad.
Namun Amerika Serikat (AS) mengkritik kunjungan Assad, menegaskan bahwa Washington merasa "sangat kecewa."

Satu dari sejumlah tokoh yang ditemui Assad di UEA adalah pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed Al Maktoum. Assad juga mengunjungi ibu kota UEA, Abu Dhabi, untuk menemui Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

Menurut situs nasional UEA, dikutip dari BBC, Sabtu, 19 Maret 2022, sang pangeran "menekankan bahwa Suriah adalah pilar fundamental keamanan Arab, dan UEA ingin memperkuat kerja sama dengannya."

Kedua pemimpin mendiskusikan bagaimana UEA dapat memberikan dukungan politik dan kemanusiaan untuk Suriah, dan juga cara-cara mendorong kerja sama ekonomi antar kedua negara.

Dalam kunjungan historis ini, Assad juga sempat berfoto dengan pemimpin klub sepak bola Manchester City, Sheikh Mansour Bin Zayed Al Nahyan.

Assad hanya pernah beberapa kali melakukan lawatan internasional sejak perang sipil Suriah dimulai pada Maret 2011. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), perang tersebut telah menewaskan 350 ribu orang.

Baca:  Gedung Putih: AS Tidak Akan Pernah Menormalisasi Hubungan dengan Assad

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id