comscore

Temui Menlu Retno, Yordania Sebut Prioritaskan Palestina

Marcheilla Ariesta - 09 Februari 2021 20:22 WIB
Temui Menlu Retno, Yordania Sebut Prioritaskan Palestina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Yordania, Ayman Safadi. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Amman: Palestina adalah prioritas utama Yordania dan juga Indonesia. Isu Palestina menjadi salah satu pembahasan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi.

"Palestina adalah prioritas utama kami. Kami memiliki kesepakatan mutlak bahwa masalah Palestina adalah isu utama, dan perdamaian tidak akan tercapai tanpa Solusi Dua Negara yang kami sepakati," kata Menlu Ayman, dalam jumpa pers bersama dengan Menlu Retno di Amman, Selasa, 9 Februari 2021.
Ayman menuturkan upaya Yordania dalam isu Palestina ini terkoordinasi dalam pembicaraan dengan komunitas internasional dan organisasi Islam.

Dalam jumpa pers tersebut, ia menuturkan telah menyampaikan kepada Retno mengenai hasil Pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri Arab di Kairo. Menurutnya, hasil pertemuan tersebut positif dan mencerminkan sikap Arab bersatu.

"Kesepakatan mengenai solusi (untuk Palestina) juga mencerminkan sikap negara-negara Islam dalam menyelesaikan masalah ini," tutur Ayman.

Baca juga: Liga Arab Desak Israel Lanjutkan Proses Perdamaian dengan Palestina

"Dan masalah Palestina harus diartikan di atas isu-isu regional, serta upaya lebih jauh untuk mencapai Solusi Dua Negara yang sesuai dengan inisiatif perdamaian internasional dan Arab, dengan negara berdaulat Palestina dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," imbuh dia.

Kepada Retno, Ayman menuturkan berharap pemerintahan Amerika Serikat yang baru dapat diajak bekerja sama kembali untuk menciptakan lingkungan yang dapat memulihkan negosiasi.

"Upaya kami terus berjalan, koordinasi kami dengan Indonesia dan teman-teman kami di negara Arab juga terus berlanjut," terangnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut dibahas pula mengenai kerja sama bilateral, termasuk di bidang pupuk dan vaksin. Ayman menegaskan, hubungan Indonesia dan Yordania akan selalu erat terlebih tahun ini, kedua negara merayakan 70 tahun hubungan bilateral.

"Kita akan mengevaluasi kembali dasar-dasar kerja sama dan koordinasi, serta mengaktifkan kerja sama tersebut di segala bidang yang mencerminkan kekuatan bekerja sama antara Yordania dan Indonesia," pungkasnya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id