Organisasi Kerja Sama Islam Kutuk Serangan Israel ke Palestina

    Fajar Nugraha - 12 Mei 2021 19:05 WIB
    Organisasi Kerja Sama Islam Kutuk Serangan Israel ke Palestina
    Kehancuran di Gaza akibat serangan udara dari Israel. Foto: AFP



    Jeddah: Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengutuk Israel yang melakukan penyerangan ke Palestina. OKI juga menegaskan kembali dukungan untuk Palestina, karena penyerangan yang dilakukan.

    “OKI mengutuk keras serangan berulang oleh otoritas pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina,” ujar organisasi yang berbasis di Kota Jeddah, Arab Saudi itu setelah sesi darurat.

     



    Baca: 35 Orang Tewas dalam Aksi Saling Serang Israel dan Hamas.

    “OKI juga mengutuk kelanjutan program kolonial Israel oleh pasukan pendudukan. Termasuk membangun permukiman, mencoba untuk menyita properti Palestina, penggusuran paksa orang-orang Palestina dari tanah mereka,” sebut pihak OKI, Rabu 12 Mei 2021.

    Ketegangan meningkat atas rencana pengusiran Israel atas warga Palestina dari distrik Sheikh Jarrah di Yerusalem timur. Israel melihat wilayah itu sebagai bagian dari ibu kota abadinya, tetapi dianggap diduduki oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Beberapa malam bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel, terutama di sekitar kompleks masjid Al-Aqsa, meningkat pada Senin malam. Bentrokan berubah menjadi rentetan tembakan roket dari Gaza dan serangan udara Israel yang mematikan sebagai pembalasan.

    Tentara Israel mengatakan lebih dari 1.000 roket telah ditembakkan sejak Senin dari Gaza menuju Israel terutama oleh Hamas dan kelompok Jihad Islam.

    Eskalasi tajam telah menewaskan sedikitnya 35 warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade dan lima warga Israel serta melukai ratusan lainnya.

    Pernyataan OKI itu menyusul kecaman keras Arab Saudi terhadap Israel atas apa yang disebutnya "serangan terang-terangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel terhadap kesucian masjid Al-Aqsa".

    Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengadakan pembicaraan di kota suci Mekkah dengan mitranya dari Turki Mevlut Cavusoglu pada Selasa.

    “Pembicaraan juga difokuskan pada masalah Israel-Palestina,” kata Cavusoglu.

    Dia menambahkan bahwa upaya sedang dilakukan untuk mengatur pertemuan para Menteri Luar Negeri OKI setelah perayaan Idulfitri.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id