Menlu Zarif Sebut Ebrahim Raisi adalah Presiden Baru Iran

    Willy Haryono - 19 Juni 2021 18:02 WIB
    Menlu Zarif Sebut Ebrahim Raisi adalah Presiden Baru Iran
    Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. (AFP)



    Teheran: Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa Ebrahim Raisi adalah presiden terpilih baru Iran. Ia mengatakan semua orang di Iran kini harus bekerja bersama presiden baru.

    Berbicara satu hari usai pemilihan umum presiden Iran pada Jumat kemarin, Zarif menilai Raisi yang dikenal sebagai hakim garis keras mampu dengan baik memimpin negara.

     



    Zarif juga menyinggung mengenai forum diplomasi di kota Antalya, Turki, yang digelar dalam mendiskusikan isu nuklir Iran. Ia berharap di bawah kepemimpinan Raisi, Iran mampu mendorong hasil yang positif dari forum tersebut.

    Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani telah mengucapkan selamat kepada Raisi dan bertemu langsung dengannya. Meski badan elektoral belum mengumumkan hasil pilpres Iran, Raisi dipastikan menang karena dua kandidat lainnya telah mengakui kekalahan mereka.

    Rouhani dan Raisi dikabarkan membahas berbagai isu, termasuk tingkat partisipasi warga dalam pilpres dan dampaknya terhadap kondisi Iran secara keseluruhan.

    Pilpres Iran 2021 digelar pada Jumat kemarin. Menurut hasil awal versi Kementerian Dalam Negeri Iran, Raisi yang merupakan anak didik Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin keuntungan dengan peroleh 17,8 juta suara.
     
    Sejumlah kandidat lainnya jauh tertinggal. Mohsen Rezaei meraih 3,3 juta suara, Abdolnaser Hemmati 2,4 juta, dan Ghazizadeh 1 juta. Menurut data Kemendagri Iran, total 28,6 juta warga telah berpartisipasi dalam pilpres Iran kali ini.
     
    Melalui Instagram, Hemmati yang merupakan mantan direktur Bank Sentral Iran mengucapkan selamat kepada Raisi pada Sabtu pagi. "Saya berharap pemerintahan Anda nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.
     
    Sementara Rezaei yang pernah menjadi komandan Garda Revolusioner Iran melayangkan ucapan selamatnya dengan memuji Khamenei dan masyarakat Iran atas partisipasi dalam pilpres.

    Baca: Dua Capres Iran Mengaku Kalah dari Anak Didik Ayatollah Ali Khamenei

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id