comscore

Turki Serang Pertahanan Kurdi di Suriah

Fajar Nugraha - 03 Februari 2022 03:32 WIB
Turki Serang Pertahanan Kurdi di Suriah
Ilustrasi bentrokan di Suriah/Metro TV
Ankara: Turki meluncurkan serangan mematikan terhadap basis pertahanan Kurdi di Irak dan Suriah. Di wilayah itu, pasukan Kurdi juga menghadapi serangan kelompok Islamic State (ISIS) selama tiga tahun terakhir.

Serangan pada Selasa malam, 1 Februari 2022 itu menargetkan tempat perlindungan, terowongan, gua, gudang amunisi, pangkalan dan kamp pelatihan yang dikelola Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG). Turki menilai mereka kelompok teroris yang harus dibasmi.
Baca: Bentrokan Milisi Kurdi Dengan Anggota Teroris ISIS

Pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan di Suriah menghantam pembangkit listrik yang dikelola Kurdi di dekat kota Al-Malikiyah di provinsi Hasakeh. Tempat ini merupakan lokasi pembobolan penjara oleh ISIS bulan lalu yang memicu bentrokan berhari-hari dan menewaskan ratusan orang.

"Setidaknya empat orang tewas dalam serangan yang menargetkan pembangkit listrik dekat Al-Malikiyah," kata Observatorium yang berbasis di Inggris, seperti dikutip AFP, Kamis, 3 Februari 2022.

YPG mengutuk serangan Turki terbaru ini. "Turki mencoba melanjutkan apa yang dimulai ISIS,” katanya di Twitter, menggunakan akronim yang berbeda untuk ISIS.

“Semua orang harus mengambil tindakan terhadap serangan ini sekarang," tegas YPG.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat (AS) merupakan tentara de facto pemerintah Kurdi. Mereka mengatakan empat pejuangnya tewas dalam serangan itu dan bersumpah akan membalas dendam terhadap Turki.

"Kemudian pada hari Rabu, terjadi pula penembakan di kota Al-Bab yang dikuasai Turki di Suriah utara menewaskan delapan orang, termasuk lima warga sipil," menurut Observatorium.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id