KJRI Jeddah Imbau WNI Patuhi Larangan Keluar Rumah 24 Jam

    Arpan Rahman - 07 April 2020 15:50 WIB
    KJRI Jeddah Imbau WNI Patuhi Larangan Keluar Rumah 24 Jam
    Kondisi di Mekkah, Arab Saudi lengang setelah penerapan larangan keluar rumah selama 24 jam. Foto: AFP
    Jeddah: Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, diminta memperhatikan kebijakan pemerintah setempat.

    Baca: Saudi Terapkan Larangan Keluar Rumah 24 Jam di Riyadh.

    Diketahui, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan larangan keluar rumah dan bepergian keluar-masuk selama 24 jam bagi warga yang tinggal di sembilan kota. Sembilan kota itu meliputi kota Jeddah, Thaif, Tabuk, Riyadh, Dammam, Dahran, Khobar, Qatif, dan Hofouf.

    "Untuk itu, kami mengimbau masyarakat mematuhi keputusan yang berlaku mulai Senin 6 April 2020 sampai pemberitahuan lebih lanjut agar terhindar dari sanksi hukum," kata KJRI Jeddah dalam sebuah pernyataan yang dinukil Medcom.id, Selasa, 7 April 2020.

    Di masa karantina 24 jam tersebut, warga diperbolehkan keluar rumah dari pukul 6:00 hingga 15:00 waktu setempat. Hanya untuk keperluan mendesak seperti berbelanja kebutuhan pokok dan berobat di toko atau swalayan dan pusat kesehatan yang terletak di sekitar tempat tinggalnya.

    Sedangkan berkendara pada jam-jam tersebut (6:00-15:00) diperbolehkan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Tetapi berkendara dibatasi hanya dua orang dewasa (penumpang dan sopir), tidak boleh lebih.

    Keputusan ini dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk mempercepat penanggulangan wabah covid-19 dengan menekan laju penyebaran dan penularannya.

    KJRI Jeddah meminta WNI selalu waspada terhadap penularan virus mematikan. "Kenakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang sekitar, sering mencuci tangan dengan air yang mengalir. Gunakan cairan disinfektan atau sabun, menutup mulut saat batuk dan bersin, dan hindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama mata, hidung dan mulut," imbaunya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id