Warga Palestina: Tak Ada Beda Pemerintah Baru Israel dengan Netanyahu

    Fajar Nugraha - 04 Juni 2021 09:07 WIB
    Warga Palestina: Tak Ada Beda Pemerintah Baru Israel dengan Netanyahu
    Naftali Bennett, calon pengganti Benjamin Netanyahu sebagai Perdana Menteri Israel. Foto: AFP



    Gaza: Banyak rakyat Palestina skeptis bahwa perubahan dalam pemerintahan Israel yang menggantikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan memperbaiki kehidupan mereka.

    Banyak warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza tidak yakin adanya perubahan dalam pemerintahan Israel. Menurut mereka pemimpin nasionalis yang akan menggantikan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kemungkinan akan mengejar agenda sayap kanan yang sama.

     



    Baca: Oposisi Selangkah Lagi Gulingkan Benjamin Netanyahu dari Kursi PM Israel.

    Naftali Bennett, 49 tahun, merupakan mantan kepala organisasi pemukim utama Tepi Barat Israel dan mantan sekutu Netanyahu. Dia akan menjadi pemimpin baru negara itu di bawah koalisi tambal sulam.

    Pemimpin oposisi dan sentris Yair Lapid dari Yesh Atid dan Bennett menyatakan pada Rabu malam bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk membentuk pemerintahan baru. Adanya kesepakatan ini membuahkan cara untuk menggulingkan Netanyahu yang sudah menjabat setelah 12 tahun menjalankan sebagai perdana menteri.

    Bassem al-Salhi, perwakilan dari Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), mengatakan penunjukan perdana menteri itu tidak kalah ekstrem dari Netanyahu.

    “Dia akan memastikan untuk mengungkapkan betapa ekstremnya dia di pemerintahan,” kata Al-Salhi, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat 4 Juni 2021.

    Bennett telah menjadi pendukung kuat untuk mencaplok bagian-bagian Tepi Barat yang direbut dan diduduki Israel dalam perang 1967.

    Namun, dalam beberapa hari terakhir Bennett tampaknya mengusulkan kelanjutan status quo, dengan beberapa pelonggaran kondisi bagi warga Palestina.

    “Pemikiran saya dalam konteks ini adalah untuk mengecilkan konflik. Kami tidak akan menyelesaikannya. Tetapi di mana pun kami dapat (memperbaiki kondisi) –lebih banyak titik persimpangan, lebih banyak kualitas hidup, lebih banyak bisnis, lebih banyak industri – kami akan melakukannya.”

    Butuh perubahan serius

    Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza yang terkepung, mengatakan tidak ada bedanya siapa yang memerintah Israel.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id