Dubes Saudi: Pemerintah Indonesia Ambil Tindakan Efektif Cegah Covid-19

    Fajar Nugraha - 12 Mei 2020 18:07 WIB
    Dubes Saudi: Pemerintah Indonesia Ambil Tindakan Efektif Cegah Covid-19
    Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Isam Abid Al-Thaqafi bersama Menlu Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu
    Riyadh: Sebanyak dua warga negara Arab Saudi telah meninggal di Indonesia setelah tertular infeksi virus korona (covid-19) yang baru. Dua warga Arab Saudi lainnya yang tertahan karena pandemi telah pulih dan akan segera kembali ke Negeri Petrodolar itu.

    Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Isam Abid Al-Thaqafi, kepada Saudi Gazette.

    “Pihak berwenang Indonesia telah mengambil tindakan pencegahan yang efektif untuk menangani krisis. Banyak acara Arab Saudi direncanakan tetapi harus ditunda,” kata Al-Thaqafi, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Selasa, 12 Mei 2020.

    Dubes Al-Thaqfi menabahkan bahwa sekitar 1.000 orang Arab Saudi tertahan di Indonesia karena penangguhan lalu lintas udara akibat pandemi. Selain itu, ada ratusan orang Indonesia yang berencana untuk mengunjungi Arab Saudi..

    “Tanggapan dari kepemimpinan bijak kami (Raja Salman) datang dengan cepat dan kami dapat mengamankan akomodasi yang cocok untuk mereka dan menyediakan transportasi dari bandara ke hotel dan makanan,” imbuh Dubes Al-Thaqafi.

    Beberapa acara Arab Saudi yang ditunda di  Indonesia ditunda karena pandemi covid-19 menurut Dubes Al-Thaqafi, antara lain adalah Kontes Penghafalan Alquran  Internasional tahunan dan konferensi Islam internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Urusan Islam. Selain itu, banyak kunjungan bilateral penting harus ditunda.

    Sementara penanganan krisis wabah covid-19 di Arab Saudi, Dubes Al-Thaqafi mengatakan tindakan pencegahan yang diadopsi oleh Arab Saudi dipuji oleh beberapa negara maju. “Kerajaan telah memberikan contoh dan langkah-langkahnya sedang disalin oleh banyak negara penting. Ini menunjukkan kepedulian kepemimpinan terhadap warga Arab Saudi,” kata Al-Thaqafi.

    Saat ini diketahui tidak ada dokter Arab Saudi yang bekerja di rumah sakit Indonesia. Namun ada kerja sama yang berkesinambungan antara kementerian kesehatan kedua negara. Lima kunjungan pejabat tinggi akan dilakukan antara kedua negara setelah krisis saat ini berakhir.

    “Sayangnya, ada dua kematian di antara warga Arab Saudi yang tertahan. Mereka ditangani dan dimakamkan di Indonesia berkoordinasi dengan keluarga mereka. Beberapa warga Saudi lainnya telah atau sedang menjalani perawatan di rumah sakit Indonesia,” tutur Dubes Al-Thaqafi.

    Menurut data Universitas Johns Hopkins 12 Mei 2020 jumlah kasus positif covid-19 di Arab Saudi mencapai 41.014 orang. Korban meninggal menyentuh angka 255 jiwa, sementara pasien yang sembuh mencapai 12.737 orang.

    Sementara kasus positif secara global sudah menyentuh angka 4.193.302 orang. Korban meninggal akibat covid-19 secara global mencapai 286.613 jiwa dan yang sembuh mencapai 1.463.826 orang.


    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id