Menkes Arab Saudi Dorong Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19

    Willy Haryono - 07 Maret 2021 15:04 WIB
    Menkes Arab Saudi Dorong Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19
    Warga Arab Saudi beraktivitas di pusat perbelanjaan Panorama Mall di kota Riyadh. (AFP)



    Riyadh: Saat Arab Saudi mencabut sebagian besar pembatasan Covid-19 pada Minggu ini, 7 Maret 2021, Menteri Kesehatan Dr Tawfik al-Rabiah mendorong masyarakat untuk mengikuti vaksinasi demi melindungi diri dari virus tersebut.

    "Kita telah menghabiskan waktu selama satu tahun penuh dalam menghadapi pandemi, dan (vaksinasi) ini adalah rencana kami untuk menormalkan situasi," tulis Tawfik via Twitter, dikutip dari Al Arabiya.






    "Ambil satu langkah ke depan dan mulailah perjalanan Anda. Keselamatan Anda adalah hal terpenting. Ayo ikuti vaksinasi," lanjutnya.

    Lebih dari 100 pusat vaksinasi Covid-19 telah didirikan di seantero negeri sejak Arab Saudi memulai program tersebut pada 17 Desember.

    Baca:  Arab Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 bagi Jemaah Calon Haji 2021

    Hari ini, Arab Saudi melonggarkan sebagian besar pembatasan Covid-19, termasuk mencabut larangan makan di tempat untuk restoran, membuka kembali mal dan pusat kebugaran, serta mengizinkan berlanjutnya aktivitas-aktivitas hiburan.

    Pelonggaran juga berlaku bagi semua bioskop dan pusat hiburan di Arab Saudi. Restoran dan kafe boleh menerima pengunjung, tapi jarak antar meja yang diduduki masing-masing pelanggan minimal tiga meter.

    Tidak hanya itu, sebuah meja di restoran juga tidak boleh diduduki lebih dari lima orang.

    Meski sebagian besar pembatasan Covid-19 ini dicabut, perkumpulan massa dengan jumlah lebih dari 20 orang masih dilarang di Arab Saudi. Acara-acara seperti pernikahan dan rapat korporat juga belum diizinkan.

    Petugas keamanan akan dikerahkan ke seantero Arab Saudi untuk mengawasi masyarakat, apakah mereka semua telah mengikuti aturan-aturan terkait Covid-19. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengingatkan bahwa denda besar menanti mereka yang terbukti melanggar.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id