Drone Houthi Kembali Serang Fasilitas Minyak Saudi Aramco

    Willy Haryono - 08 Maret 2021 14:38 WIB
    Drone Houthi Kembali Serang Fasilitas Minyak Saudi Aramco
    Truk BBM berada di salah satu fasilitas minyak Saudi Aramco di kota Jeddah, Arab Saudi pada 24 November 2020. (Fayez Nureldine / AFP)



    Sanaa: Pemberontak Houthi asal Yaman mengaku telah meluncurkan pesawat tanpa awak (drone) dan misil ke sebuah fasilitas minyak Saudi Aramco di Ras Tanura pada Minggu, 7 Maret 2021. Selain itu, Houthi juga mengklaim telah menyerang beberapa target militer Arab Saudi di kota Dammam, Asir, dan Jazan.

    Kementerian Energi Saudi mengonfirmasi bahwa tempat penyimpanan minyak di Ras Tanura, salah satu lokasi kilang minyak lepas pantai terbesar di dunia, diserang sebuah drone.

     



    Riyadh menegaskan tidak ada korban tewas atau kerusakan properti dalam serangan tersebut.

    "Salah satu area tangki petroleum di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur diserang pagi ini oleh sebuah drone, datang dari arah laut," kata Kementerian Energi Saudi, dikutip dari laman Al Jazeera.

    Houthi juga meluncurkan sebuah misil balistik, dan serpihannya disebut pihak kementerian berjatuhan dekat kompleks permukiman Aramco di Dhahran.

    Baca:  Koalisi Arab Saudi Hancurkan 8 Drone Bersenjata Houthi

    "Percobaan sabotase ini bukan hanya ditujukan kepada Arab Saudi, tapi juga keamanan dan stabilitas pasokan energi dunia serta perekonomian global," tutur juru bicara Kementerian Energi Arab Saudi.

    Jubir Houthi, Yahya Sarea, mengklaim telah meluncurkan 14 drone dan delapan misil balistik melintasi perbatasan dalam sebuah "operasi masif di jantung Arab Saudi."

    Misi diplomatik Amerika Serikat di Arab Saudi mengimbau warga AS untuk selalu waspada mengenai kemungkinan adanya serangan dan ledakan di area Dhahran, Dammam, dan Khobar.

    Wilayah Provinsi Timur Arab Saudi dikenal sebagai lokasi berdirinya banyak fasilitas produksi dan ekspor minyak milik Saudi Aramco.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id