comscore

Demonstran Serbu dan Bakar Gedung Parlemen Libya di Tobruk

Willy Haryono - 02 Juli 2022 20:11 WIB
Demonstran Serbu dan Bakar Gedung Parlemen Libya di Tobruk
Salah satu bagian gedung parlemen Libya di Tobruk yang dibakar demonstran, 2 Juli 2022. (AFP)
Tobruk: Sekelompok demonstran menyerbu dan membakar beberapa bagian gedung parlemen Libya di kota Tobruk pada Jumat kemarin. Aksi pembakaran merupakan bentuk penyaluran emosi para pengunjuk rasa atas memburuknya kondisi kehidupan sehari-hari dan terjadinya deadlock di dunia politik.

Asap hitam mengepul di saat para pedemo membakar ban dan mobil di sekitar lokasi. Seorang demonstran juga terlihat menabrak gerbang gedung parlemen di Tobruk dengan menggunakan alat berat.
Dilansir dari laman The Guardian, Sabtu, 2 Juli 2022, para pedemo lainnya membakar beberapa bagian gedung parlemen, dan ada juga yang merusak dindingnya dengan menggunakan alat-alat konstruksi.

Gedung parlemen di Tobruk relatif sepi saat kejadian, karena Jumat merupakan bagian dari akhir pekan di Libya.

Dewan Perwakilan Rakyat Libya berada di Tobruk, berlokasi sekitar 1.000 kilometer dari ibu kota Tripoli, sejak 2014. Sementara badan legislatif lainnya, secara formal disebut Dewan Tinggi Negara, berbasis di Tripoli.

Libya, yang dilanda temperatur tinggi di tengah musim panas, mengalami pemadaman listrik selama berhari-hari. Kondisi ini diperburuk blokade beberapa fasilitas minyak utama di tengah terjadinya ketegangan antar faksi politik.

"Kami ingin listrik di rumah kami kembali mengalir," teriak para demonstran, beberapa membawa bendera hijau yang melambangkan rezim Moamer Gaddafi.

Parlemen Libya mengecam aksi perusakan dan pembakaran yang dilakukan demonstran di Tobruk, melabelinya sebagai vandalisme.

Sementara itu, perdana menteri interim Libya, Abdulhamid Dbeibah, menyuarakan dukungan atas keluhan para demonstran via Twitter.

Baca:  Sejarah Konflik Libya, Perlawanan Rakyat atas Pimpinan Otoriter

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id