comscore

Presiden Nigeria Bertekad Bebaskan 300 Siswi yang Diculik

Willy Haryono - 27 Februari 2021 07:46 WIB
Presiden Nigeria Bertekad Bebaskan 300 Siswi yang Diculik
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari. (AFP)
Jangebe: Lebih dari 300 siswi diculik sekelompok orang tak dikenal dari sebuah sekolah di Nigeria. Kepolisian meyakini para siswi itu dibawa ke area hutan usai diculik dari sekolah mereka di Jangebe, negara bagian Zamfara pada Jumat pagi.

Ini merupakan penculikan massal yang terjadi kesekian kalinya di Nigeria dalam beberapa pekan terakhir. Kelompok bersenjata kerap menculik anak-anak sekolah untuk meminta uang tebusan.
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengecam keras penculikan ini, dan menyebutnya sebagai aksi "tak berprikemanusiaan dan sama sekali tidak dapat diterima."

"Pemerintahan ini tidak akan tunduk terhadap aksi pemerasan para bandit yang menculik anak-anak sekolah demi mendapat uang tebusan bernilai tinggi," tegas Buhari, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 27 Februari 2021.

"Tujuan utama kali adalah menyelamatkan para sandera dalam keadaan hidup dan tak terluka," lanjutnya.

Baca:  Terjadi Lagi, Ratusan Siswi di Nigeria Diculik Bandit

Buhari mengatakan meski otoritas Nigeria mampu mengerahkan "pasukan masif terhadap bandit," ada kekhawatiran para siswi dapat dijadikan tameng hidup oleh kelompok penculik.

Setidaknya 42 orang, termasyk 27 anak sekolah, diculik di Kagara, Niger pekan kemarin. Hingga saat ini puluhan orang tersebut belum dibebaskan.

Pada 2014, penculikan 276 siswi dari kota Chibok, Nigeria, oleh kelompok militan Boko Haram sempat menyedot perhatian global. Namun beberapa penculikan terbaru di Nigeria belakangan ini diduga dilakukan geng-geng kriminal yang tidak terkait Boko Haram.

Geng kriminal bersenjata berat di barat laut dan tengah Nigeria telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penculikan untuk tebusan, pemerkosaan, dan penjarahan kerap terjadi di wilayah itu.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id