Mulai 17 Mei, Arab Saudi Izinkan Warganya untuk Bepergian ke Luar Negeri

    Fajar Nugraha - 03 Mei 2021 17:04 WIB
    Mulai 17 Mei, Arab Saudi Izinkan Warganya untuk Bepergian ke Luar Negeri
    Bandara Internasional Jeddah, di Arab Saudi menjadi pintu keluar masuk warga ke luar negeri. Foto: AFP



    Riyadh: Kerajaan Arab Saudi akan mencabut penangguhan warganya bepergian ke luar negeri mulai Senin, 17 Mei. Menurut Saudi Press Agency, izin akan diberikan kepada warga yang telah divaksinasi.

    “Semua warga negara yang telah divaksinasi atau telah pulih dari covid-19 memenuhi syarat untuk bepergian. Izin juga berlaku untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun,” sebut pihak Arab Saudi, yang disiarkan Saudi Press Agency (SPA), Senin 3 Mei 2021.






    Menurut SPA, izin dikeluarkan untuk warga yang diimunisasi yang menerima dua dosis penuh vaksin covid-19, serta mereka yang menerima satu dosis. Untuk satu dosis, warga tersebut sudah 14 hari sejak mereka divaksinasi dengan dosis pertama, dan seperti yang dikonfirmasi oleh data ditampilkan di Aplikasi Tawakkalna.

    “Sementara izin untuk warga negara yang sudah sembuh dari virus korona, harus memenuhi syarat telah menghabiskan waktu kurang dari 6 bulan sejak terinfeksi, dan seperti yang dikonfirmasi oleh data yang ditampilkan di Aplikasi Tawakkalna,” imbuh pernyataan itu.

    Sedangkan untuk warga negara di bawah usia 18 tahun, mereka diharuskan mengajukan polis asuransi sebelum perjalanan yang disetujui oleh Bank Sentral Saudi. Mereka juga harus menanggung risiko sendiri akan covid-19 di luar Kerajaan Arab Saudi, dan sesuai dengan instruksi yang diumumkan oleh otoritas terkait.

    Kategori ini akan dikenakan karantina rumah setelah kembali ke Kerajaan Arab Saudi untuk jangka waktu tujuh hari, asalkan tes PCR dilakukan pada akhir masa karantina. Sedangkan warga di bawah usia delapan tahun dikecualikan dari uji PCR. Kategori ini dapat diubah sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan.

    Sumber resmi Kementerian Dalam Negeri Saudi menekankan perlunya setiap orang mematuhi tindakan pencegahan dan pencegahan. Mereka menegaskan agar warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan terus menerus melakukan disinfeksi tangan.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id