Arab Saudi Berhasil Cegat Rudal Houthi yang Diarahkan ke Kilang

    Fajar Nugraha - 13 Juli 2020 16:35 WIB
    Arab Saudi Berhasil Cegat Rudal Houthi yang Diarahkan ke Kilang
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Jizan: Pasukan Koalisi Arab mencegat dan menghancurkan empat rudal balistik dan enam pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh milisi Houthi. Rudal dan drone itu diarahkan ke Arab Saudi.

    Rudal pasukan Houthi Yaman menghantam sebuah fasilitas minyak besar di kota Jizan, Arab Saudi selatan dalam serangan rudal semalam.

    “Serangan itu diluncurkan dari Sana'a dan secara sengaja menargetkan warga sipil Arab Saudi dan bangunan sipil,” ujar Juru Bicara Pasukan Koalisi Kolonel Turki Al Maliki mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Saudi Press Agency, Senin, 13 Juli 2020.

    “Milisi (Houthi) secara sengaja meningkatkan permusuhan di Yaman dan negara-negara tetangga menggunakan rudal balistik dan pesawat tak berawak,” imbuh Maliki.

    “Pasukan koalisi akan terus menggagalkan ancaman melalui pemantauan, penghancuran dan penanggulangan mereka di daerah-daerah di bawah kendali milisi Houthi,” tegasnya.

    Perusahaan minyak Saudi Aramco mengoperasikan kilang 400.000 barel per hari di kota Jizan, yang terletak sekitar 60 kilometer dari perbatasan Yaman. Aramco tidak segera membalas permintaan komentar.


    "Dengan banyak drone, angkatan bersenjata kami menargetkan pesawat militer, akomodasi pilot dan sistem Patriot di Khamis Mushait, dan sasaran militer lainnya di bandara Abha, Jizan dan Najran," kata Yahya Sarea, seorang juru bicara militer Houthi.

    “Selain itu, fasilitas minyak raksasa di zona industri Jizan. Serangan itu akurat,” imbuh pihak Houthi.

    Khamis Mushait, Abha, Jizan dan Najran semuanya di Arab Saudi barat daya dekat perbatasan Yaman.

    Serangan lintas perbatasan oleh gerakan Houthi yang selaras dengan Iran telah meningkat sejak akhir Mei ketika gencatan senjata yang disebabkan oleh pandemi coronavirus berakhir. Pada akhir Juni, rudal mencapai ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

    Koalisi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 setelah Houthi menggulingkan pemerintah yang didukung internasional yang diakui Saudi dari Sanaa pada akhir 2014.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id