Palestina Kecam Kegagalan Komunitas Global dalam Hentikan Israel

    Willy Haryono - 10 Oktober 2020 14:03 WIB
    Palestina Kecam Kegagalan Komunitas Global dalam Hentikan Israel
    Menlu Palestina Riyad al-Maliki. (FABRICE COFFRINI/AFP/Getty)
    Ramallah: Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki mengecam komunitas internasional yang dinilai gagal menghentikan berbagai pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Al-Maliki menyayangkan bahwa masyarakat global hanya bisa memberikan retorika, bukan aksi nyata.

    "Masyarakat Palestina menghadapi ancaman eksistensial, yang mengancam hak-hak kebebasan dan menentukan nasib sendiri," ucap al-Maliki dalam Konferensi Tingkat Menteri Gerakan Non Blok (GNB).

    "Situasi kritis di daerah pendudukan, termasuk di Yerusalem Timur, merefleksikan minimnya upaya-upaya dari sistem internasional, yang hanya bisa berkata-kata tanpa mengambil tindakan nyata untuk menghentikan praktik ilegal Israel," sambungnya, dikutip dari laman Yeni Safak pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

    GNB dibentuk di ibu kota Yugoslavia, Belgrade, pada 1961 untuk menghindari polarisasi Perang Dingin yang terjadi kala itu. GNB terdiri dari 120 negara anggota yang merepresentasikan kepentingan dan prioritas dari sejumlah negara berkembang di berbagai benua.

    Sementara itu, Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan pandangannya tersendiri dalam Konferensi Tingkat Menteri GNB tahun ini yang digelar secara virtual karena adanya pandemi virus korona (covid-19).

    Menlu Retno menyerukan agar GNB bersatu dan menjadi kekuatan positif di tengah dinamika geopolitik global saat ini.

    Ia menyampaikan, rivalitas yang semakin tajam antara kekuatan besar menimbulkan ketegangan dan ketidakpercayaan, yang menghambat kerja sama antar negara dalam melawan pandemi covid-19. Sementara kecenderungan unilateralisme semakin meningkat dan mengikis kepercayaan pada sistem multilateral.

    Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menekankan harapan adanya dukungan berkelanjutan dari GNB terhadap perjuangan Palestina.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id