Seorang Bocah Tewas dalam Serangan Roket Dekat Kedubes AS

    Willy Haryono - 18 November 2020 08:57 WIB
    Seorang Bocah Tewas dalam Serangan Roket Dekat Kedubes AS
    Sebuah helikopter Apache milik AS melepaskan beberapa flare di Green Zone, Baghdad, Irak pada 31 Desember 2019. (File/AFP)
    Baghdad: Seorang bocah perempuan tewas dan lima warga sipil lainnya terluka dalam serangan sejumlah roket jenis Katyusha di wilayah Green Zone di Baghdad, Irak pada Selasa malam, 17 November. Beberapa roket itu mendarat di dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat, Medical City, dan juga taman Zawra Park.

    "Apa yang dialami Baghdad pada Selasa malam tidak akan dibiarkan begitu saja," ujar pernyataan dari Komando Operasi Gabungan Irak (JOC).

    "Pasukan keamanan dan badan intelijen kami telah memulai prosedur untuk mengidentifikasi pelaku dan menyeretnya ke hadapan hukum," sambungnya, dilansir dari laman Xinhua pada Rabu, 18 November 2020.

    Dalam pernyataan sebelumnya, JOC mengatakan bahwa empat roket Katyusha telah ditembakkan dari wilayah al-Amin di Baghdad bagian timur ke arah Green Zone.

    Baca:  Roket Hantam Area Tidak Jauh dari Kedubes AS di Irak

    Menurut seorang sumber dari Kementerian Dalam Negeri Irak, sistem anti-misil telah menembak beberapa roket Katyusha. Saat serangan terjadi, sirene terdengar di Green Zona, sebuah area tempat berdirinya sejumlah gedung pemerintahan Irak dan Kedubes AS.

    Sejauh ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan terbaru di Green Zone. Namun selama ini Green Zone dan beberapa pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS kerap menjadi target serangan roket dan mortir.

    Pasukan AS dikirim ke Irak untuk mendukung pasukan lokal dalam menghadapi kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun tugas utama pasukan AS di Irak bukanlah bertempur, melainkan melatih personel militer Irak.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id