Irak Keluarkan Perintah Penahanan untuk Donald Trump

    Fajar Nugraha - 08 Januari 2021 15:58 WIB
    Irak Keluarkan Perintah Penahanan untuk Donald Trump
    Iran keluarkan perintah penangkapan untuk Donald Trump. Foto: AFP
    Baghdad: Irak pada Kamis mengeluarkan surat perintah penangkapan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sebagai bagian dari penyelidikan pengadilan Baghdad atas pembunuhan seorang komandan paramiliter Irak.

    Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala jaringan paramiliter Hashed al-Shaabi, tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS yang sama yang menewaskan jenderal Iran Qassem Soleimani di bandara Baghdad pada 3 Januari tahun lalu. Serangan itu diperintahkan oleh Trump.

    "Surat perintah penangkapan terhadap Presiden Amerika Serikat yang akan keluar, Donald Trump, telah dikeluarkan sesuai dengan ketentuan Pasal 406 KUHP Irak," kata Dewan Peradilan Tertinggi Irak dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh CBS News, Jumat 8 Januari 2021.

    “Penyelidikan akan terus dilakukan untuk mengidentifikasi orang lain yang berpartisipasi dalam melakukan kejahatan ini, apakah mereka orang Irak atau orang asing,” imbuh keputusan itu.

    Perintah penangkapan ini bukan pertama kalinya diarahkan kepada Trump. Sebelumnya, Iran mengeluarkan surat perintah penangkapan dan meminta Interpol untuk menerbitkan ‘red notice’ demi meringkus Presiden ke-45 AS itu.
     
    Ini kedua kalinya Iran meminta bantuan untuk menahan presiden AS bersama 47 pejabat lainnya. Menanggapi pengumuman Selasa, Interpol menegaskan kembali pendiriannya bahwa mereka tidak mempertimbangkan permintaan 'red notice' yang dianggap dimotivasi oleh masalah politik atau militer.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id