Israel Kembali Berlakukan Lockdown Akhir Pekan

    Marcheilla Ariesta - 17 Juli 2020 19:15 WIB
    Israel Kembali Berlakukan Lockdown Akhir Pekan
    Israel berlakukan lockdown selama akhir pekan. Foto: AFP.
    Yerusalem: Israel kembali memberlakukan penutupan akhir pekan pada Jumat, 17 Juli 2020. Langkah ini ditempuh untuk memperketat serangkaian pembatasan virus korona (covid-19), dan menurunkan tingkat infeksi di tengah meningkatnya kemarahan publik atas penanganan pemerintah terhadap pandemi.

    Warga akan diizinkan meninggalkan rumah mereka akhir pekan ini. Namun, mal, toko, kolam renang, kebun binatang, dan museum akan tutup mulai Jumat sore hingga Minggu pagi.

    "Penguncian akhir pekan penuh akan diberlakukan pada 24 Juli mendatang. Masyarakat dibatasi untuk berkunjung ke rumah kerabat atau sahabatnya," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia.

    Akhir pekan di Israel dimulai pada Jumat sore, menjelang Sabat Yahudi. Penguncian akan berlangsung hingga Minggu.

    Nantinya pertemuan akan dibatasi untuk 10 orang di dalam ruangan dan 20 orang di luar rumah. "Restoran akan diizinkan melayani pembeli yang membawa pulang," kata pemerintah.

    Keputusan lebih lanjut mengenai kelanjutan sekolah musim panas akan dibuat oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz.

    Pada Mei lalu, Israel membuka kembali sekolah-sekolah dan banyak kegiatan bisnis. Mereka mencabut pembatasan setelah sebelumnya dilakukan penguncian sejak Maret.

    Namun, jajak pendapat Lembaga Demokrasi non-partisan Israel menemukan hanya 29,5 persen masyarakat yang percaya pada Netanyahu atas penanganan krisis. Sementara itu, ribuan warga Israel turun ke jalan menuntut bantuan ekonomi.

    Pengangguran melonjak hingga 21 persen sejak lockdown. Netanyahu mengumumkan banyak paket bantuan, namun sebagian diantaranya terlambat dan menuai kritik karena tidak efektif.

    Saat ini, Israel melaporkan lebih dari 44 ribu kasus covid-19. Dari angka itu, 377 orang meninggal.


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id