Iran Menolak Proposal AS untuk Cabut Sanksi Secara Bertahap

    Marcheilla Ariesta - 03 April 2021 22:34 WIB
    Iran Menolak Proposal AS untuk Cabut Sanksi Secara Bertahap
    Iran tolak proposal AS untuk mencabut sanksi secara bertahap. Foto: AFP.



    Teheran: Iran menolak proposal Amerika Serikat untuk secara bertahap mencabut sanksi yang dijatuhkan pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump. Hal ini disampaikan lewat Kementerian Luar Negeri Iran pada Sabtu, 3 April 2021.

    "Kebijakan definitif Iran adalah pencabutan semua sanksi AS, baik yang dijatuhkan kembali oleh Trump setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir (JCPOA) atau yang dia mulai," kata juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatbizadeh dalam pernyataan, dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu, 3 April 2021.






    "Serta sanksi yang dijatuhkan di bawah judul lain," imbuhnya.

    Khatibzadeh mengatakan di bawah proposal AS, Teheran pada gilirannya harus menunjukkan komitmennya terhadap kesepakatan nuklir.

    AS dan Iran berselisih tentang siapa yang pertama-tama harus kembali mematuhi kesepakatan. Pemerintahan Presiden AS yang baru, Joe Biden berulang kali menyatakan bahwa mereka hanya akan memenuhi kewajibannya setelah Teheran melakukannya.

    Baca juga: Iran Tuduh Biden Ingkar Janji Soal Pencabutan Sanksi

    Posisi itu tidak menjadi permulaan bagi para pejabat Iran, yang mempertahankan bahwa sejak Trump meninggalkan kesepakatan terlebih dahulu, AS harus mencabut sanksi sebelum Teheran kembali.

    Meski demikian, Biden mencabut perintah eksekutif pendahulunya, Donald Trump, dan mengakhiri sanksi serta larangan visa terhadap beberapa personel Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) pada Jumat kemarin.

    ICC menyambut baik keputusan AS. Silvia Fernandez de Gurmendi, kepala Asosiasi Negara-Negara ICC, mengatakan bahwa hal ini merupakan sinyal akan datangnya era baru kerja sama dengan Washington.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id