comscore

Perwira Yordania Tewas dalam Baku Tembak dengan Penyelundup Narkotika

Willy Haryono - 16 Januari 2022 20:20 WIB
Perwira Yordania Tewas dalam Baku Tembak dengan Penyelundup Narkotika
Aktivitas di perbatasan Nassib/Jaber yang memisahkan antara Yordania dan Suriah. (Louai Beshara / AFP)
Amman: Seorang perwira Yordania tewas dan tiga personel militer lainnya terluka dalam penembakan dengan kelompok penyelundup narkotika dan obat-obatan terlarang dekat perbatasan Suriah, Minggu, 16 Januari 2022. Baku tembak terjadi saat para penyelundup berusaha menyeberangi Suriah menuju Yordania.

Merasa terdesak, para penyelundup kembali bertolak menuju Suriah dengan meninggalkan banyak paket narkoba.
"Militer akan merespons dengan segala kekuatan dan tekad kuat terhadap segala bentuk upaya penyelundupan demi melindungi perbatasan dan keamanan nasional kami," ucap militer Yordania, dikutip dari The National.

Sejumlah pejabat Yordania terus menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai meningkatnya upaya penyelundupan narkoba dari Suriah sepanjang 2021. Dalam suatu peristiwa, paket besar narkoba ditemukan di beberapa truk asal Suriah yang melaju melintasi perbatasan utama menuju Yordania.

Baca:  Yordania Kembali Buka Perbatasan dengan Suriah

Tahun lalu, militer Yordania telah menembak jatuh sebuah pesawat nirawak (drone) yang membawa banyak paket narkoba di area perbatasan.

Beberapa tokoh di Yordania menuduh kelompok Hizbullah asal Lebanon dan para milisinya di Suriah sebagai dalang di balik penyelundupan salah satu jenis narkoba bernama Captagon. Hizbullah membantah tudingan Yordania, dan menyebutnya sebagai sesuatu yang tak berdasar.

Jajaran pakar narkoba Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa Suriah telah menjadi situs produksi utama narkoba di kawasan. Narkoba itu biasa diselundupkan ke Yordania, Irak, negara-negara Teluk dan Eropa.

Dalam beberapa bulan terakhir, otoritas Suriah mengaku sedang berusaha keras untuk memberantas produksi narkoba di seantero negeri.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id