Utusan AS Siap Dorong Gencatan Senjata Israel-Hamas

    Willy Haryono - 15 Mei 2021 13:01 WIB
    Utusan AS Siap Dorong Gencatan Senjata Israel-Hamas
    Asap dari serangan udara Israel di kota Gaza pada Sabtu, 15 Mei 2021. (MOHAMMED ABED / AFP)



    Tel Aviv: Seorang utusan khusus dari Amerika Serikat telah tiba di Tel Aviv untuk mengikuti dialog penurunan ketegangan antara Israel dan Palestina. Hady Amr akan bergabung dengan perwakilan Israel, Palestina, dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan harapan dapat mewujudkan sebuah gencatan senjata.

    Aksi saling serang antara pasukan Israel dan kelompok Hamas di Jalur Gaza berlanjut hingga Sabtu ini, 15 Mei 2021. Israel meluncurkan serangan udara ke Gaza, dan Hamas membalasnya dengan peluncuran sejumlah roket.

     



    Pertempuran sejak lima hari terakhir ini merupakan yang terburuk di kawasan dalam beberapa tahun terakhir.

    Serangan udara dan peluncuran roket dipicu ketegangan di Yerusalem, termasuk mengenai rencana penggusuran rumah di wilayah Sheikh Jarrah dan penyerbuan pasukan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa.

    Hamas yang merupakan kelompok penguasa Gaza sempat memperingatkan Israel untuk segera mundur dari Al-Aqsa. Karena peringatan tidak dihiraukan, Hamas pun meluncurkan serangkaian roket yang dibalas dengan serangan udara.

    Dilansir dari laman BBC, setidaknya 133 orang tewas dalam serangan udara di Gaza dan delapan lainnya meninggal akibat terkena roket Hamas di wilayah Israel sejak pertempuran dimulai lima hari lalu.

    Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa serangan udara terbaru Israel telah menewaskan tujuh warga Palestina, termasuk seorang perempuan dan anak-anak, di kamp pengungsian kota Gaza.

    Hamas membalas serangan terbaru itu dengan meluncurkan roket ke kota Beersheba.

    Jumat kemarin, ketegangan meluas ke Tepi Barat. Setidaknya 10 warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka dalam bentrokan dengan pasukan Israel yang menggunakan gas air mata, peluru karet dan peluru tajam.

    Kedatangan utusan khusus AS berlangsung menjelang pertemuan darurat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada Minggu besok. Kedutaan Besar AS di Israel mengatakan bahwa tujuan kedatangan Hady Amr adalah "memperkuat upaya menuju ketenangan berkelanjutan."

    Sejauh ini, seruan damai kepada kubu Palestina dan Israel belum mampu menghasilkan sebuah gencatan senjata.

    Baca: Guterres Serukan Persatuan DK PBB atas Konflik Palestina-Israel

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id