comscore

Kelompok Bersenjata Bunuh 20 Warga Sipil di Mali

Willy Haryono - 20 Juni 2022 21:48 WIB
Kelompok Bersenjata Bunuh 20 Warga Sipil di Mali
Pasukan Prancis berpatroli di kota Gao, Mali, 4 Desember 2021. (Thomas COEX / AFP)
Gao: Kelompok bersenjata membunuh setidaknya 20 warga sipil dalam serangan di sejumlah desa di Mali pada akhir pekan kemarin. "Para teroris kriminal membunuh 20 warga di Anchawadj, beberapa puluh kilometer dari kota Gao," kata seorang polisi senior Mali, dikutip dari AFP, Senin, 20 Juni 2022.

Seorang pejabat lokal menyalahkan kelompok ekstremis atas serangan tersebut, dan menyebutkan bahwa jumlah korban tewas mencapai 24 orang. Menurutnya, serangan tersebut terjadi di Ebak, sekitar 35 km dari Gao.
"Ada kepanikan di area sekitar lokasi kejadian," ucapnya.

"Situasi di Anchawadj sangat mengkhawatirkan. Masyarakat setempat memilih melarikan diri demi menghindari aksi kekerasan lebih lanjut," sambung dia.

Sementara itu di akhir pekan yang sama, sebuah ranjau darat menewaskan seorang personel penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Insiden terjadi saat korban sedang berpatroli di wilayah utara Kidal, menurut keterangan kepala pasukan misi PBB MINUSMA, El Ghassim Wane.

Juru bicara untuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk keras pembunuhan terhadap personel penjaga perdamaian tersebut, yang diketahui berasal dari Guinea.

"Serangan yang ditujukan kepada penjaga perdamaian PBB dapat dikategorikan sebagai kejahatan perang di bawah hukum internasional," sebut sang jubir.

Sejauh ini tidak ada grup yang mengeklaim bertanggung jawab atas serangan di Anchawadj maupun yang menewaskan penjaga perdamaian PBB. Namun kawasan tempat terjadinya serangan dikenal tempat beroperasinya grup-grup terafiliasi al-Qaeda atau Islamic State (ISIS).

Keamanan di Mali semakin memburuk sejak separatis Tuareg melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah pusat di tahun 2012.

Baca:  Ledakan Bom Rakitan Tewaskan 2 Penjaga Perdamaian PBB di Mali

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id