comscore

Serangan Udara Israel Hantam Gaza usai Peluncuran Roket

Willy Haryono - 18 Juni 2022 15:36 WIB
Serangan Udara Israel Hantam Gaza usai Peluncuran Roket
Pesawat jet tempur F-15 milik Angkatan Udara Israel. (AFP)
Tel Aviv: Israel meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza dalam merespons peluncuran roket dari wilayah tersebut ke kota Ashkelon pada Sabtu ini, 18 Juni 2022. Peluncuran roket itu merupakan yang pertama terjadi dari Gaza ke Israel dalam dua bulan terakhir.

Media Palestina melaporkan bahwa serangan udara Israel menghantam lahan pertanian di Gaza pada Sabtu ini. Namun menurut militer Israel, serangan hari ini menghantam beberapa situs milik kelompok Hamas.
"Dalam membalas serangan roket, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerang sejumlah target Hamas di Jalur Gaza," ujar keterangan militer Israel, dikutip dari laman aljazeera.

Sejauh ini belum ada laporan korban tewas atau luka dalam serangan terbaru, baik di wilayah Gaza dan Israel. Sejauh ini belum ada respons dari Hamas, maupun klaim dari grup mana pun di Jalur Gaza.

Aksi saling serang ini terjadi satu hari usai Israel menggelar operasi penggerebekan di Jenin, Tepi Barat. Dalam operasi tersebut, tiga warga Palestina tewas dan 10 lainnya terluka.

Masih di hari yang sama pada Jumat kemarin, sebuah balon observasi Israel jatuh di wilayah Jalur Gaza.

Kantor berita Wafa menyebut ketiga korban tewas dalam operasi penggerebekan Israel di Jenin sebagai Baraa Lahlouh, Yusuf Salah dan Laith Abu Suroor. Hamas mengatakan satu dari tiga korban adalah anggota mereka.

Sebelum peristiwa hari ini, serangan lintas perbatasan Gaza-Israel terakhir kali terjadi pada April lalu. Kala itu, pesawat jet tempur Israel meluncurkan sebuah serangan di Gaza, yang diklaim menghantam sebuah pabrik senjata milik Hamas.

Walau aksi saling serang hari ini tidak mengindikasikan adanya eskalasi lebih lanjut, jumlah kekerasan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir di Yerusalem, Tepi Barat dan Israel.

Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Palestina, lebih dari 60 warga Palestina tewas dibunuh pasukan Israel sepanjang tahun ini, di mana sebagian besarnya dalam operasi penggerebekan.

Baca:  Pertama dalam 2 Bulan, Roket Meluncur dari Jalur Gaza ke Israel

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id