PM Israel Bertekad Caplok Tepi Barat pada 1 Juli

    Willy Haryono - 29 Juni 2020 07:31 WIB
    PM Israel Bertekad Caplok Tepi Barat pada 1 Juli
    PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)
    Tel Aviv: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertekad melanjutkan rencananya untuk mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat mulai 1 Juli mendatang. Ia akan melanjutkan rencana kontroversialnya tersebut meski ada gelombang kecaman dari komunitas internasional, termasuk negara-negara Arab.

    Banyak tokoh global mengecam rencana aneksasi di Tepi Barat, yang dinilai hanya akan menghancurkan harapan terwujudnya perdamaian antara Palestina dan Israel.

    Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, dan juga Arab Saudi menentang keras rencana aneksasi Israel di Tepi Barat.

    Dikutip dari laman Washington Times, Minggu 28 Juni 2020, pencaplokan dikhawatirkan dapat merusak Solusi Dua Negara (Two-State Solution) -- skema yang dinilai komunitas global sebagai solusi terbaik dalam konflik berkepanjangan Palestina-Israel.

    Palestina sejak lama berharap bahwa Tepi Barat, yang direbut Israel dari Yordania dalam perang Arab-Israel 1967, dapat menjadi bagian dari negara berdaulat dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

    Selain negara-negara Arab, sejumlah anggota Uni Eropa juga mengecam rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel. UE punmengancam akan menjatuhkan sanksi kepada Israel jika PM Netanyahu melanjutkan rencananya tersebut.

    Sejumlah analis mengaku tidak akan terkejut jika PM Netanyahu melanjutkan rencana aneksasi. Mereka menilai PM Netanyahu merasa tenang-tenang saja karena mengetahui Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mendukungnya.

    "Aneksasi sebagian wilayah Tepi Barat merupakan langkah logis selanjutnya dari program jangka panjang pendudukan dan permukiman Israel," kata Joshua Landis, kepala institut Center for Middle East Studies dari University of Oklahoma.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id