comscore

Warga Gaza Kibarkan Bendera Indonesia Berukuran Raksasa di HUT ke-76 RI

Willy Haryono - 18 Agustus 2021 15:13 WIB
Warga Gaza Kibarkan Bendera Indonesia Berukuran Raksasa di HUT ke-76 RI
Pengibaran bendera Merah Putih dalam peringatan HUT ke-76 RI di Jalur Gaza, 17 Agustus 2021. (NPC/Bang Onim)
Gaza: Masyarakat Palestina turut serta menggelar upacara dan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di Beit Lahia, Gaza Utara, Selasa, 17 Austus 2021. Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI digelar secara khidmat dan didukung penuh Nusantara Palestina Center (NPC).

Kegiatan dihadiri secara langsung Ketua Dewan Pembina NPC Abdillah Onim beserta istri dan anak-anaknya, dan ratusan warga Palestina, baik dari kalangan anak-anak, dewasa, perempuan, tim medis, para insinyur, dosen, penghafal Al-Quran dan warga sipil di Gaza.
Upacara dengan pengibaran bendera merah putih raksasa berukuran 100 meter persegi ini ditayangkan live melalui streaming di channel YouTube, Facebook, dan Instagram NPC. Diketahui juga, sejumlah tamu diundang untuk mengikuti upacara via daring.

Dalam keterangan NPC kepada Medcom.id, Rabu, 18 Agustus 2021, upacara dimulai sekitar pukul 12:00 waktu Palestina. Ketua Dewan Pembina NPC Abdillah Onim atau akrab disapa Bang Onim bertindak sebagai inspektur upacara.

Pengibaran bendera merah putih terbesar di Palestina itu diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selain itu, upacara bersejarah ini juga dimeriahkan Dabkah, tarian tradisional masyarakat Arab Palestina. Tampak dalam siaran langsung di channel NPC, Bang Onim ditemani ketiga anaknya juga ikut menari-nari di atas panggung dengan sangat luwes.

Pada kesempatan ini, para peserta upacara terlihat mengenakan kaos putih bertuliskan HUT ke-76 RI: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!

Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan persaudaraan antara Indonesia dan Palestina. Selain itu, ini adalah kado paling indah dari Palestina untuk bangsa Indonesia bertepatan dengan hari kemerdekaan ke-76 RI.

Atas dukungan NPC, kegiatan upacara ini berjalan dengan lancar. Diketahui, persiapan acara memakan waktu selama dua pekan dan telah mengantongi izin dari otoritas setempat.

Meskipun kondisi warga Palestina saat ini sangat memprihatinkan akibat blokade dan agresi Israel yang terus berlanjut, mereka tetap kukuh mengikuti upacara bendera HUT RI dan menghaturkan ucapan selamat ulang tahun ke-76 kepada Republik Indonesia.

Sejak beberapa tahun terakhir, warga Palestina turut merayakan HUT RI sebagai bentuk suka cita atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Perayaan HUT RI oleh warga Palestina juga menjadi bukti begitu eratnya hubungan antara Palestina dan Indonesia.

Baca:  Istana: Indonesia Akan Terus Berpihak pada Palestina

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id