comscore

Pangeran Arab Saudi Bahas Keamanan Regional dengan Abu Dhabi

Medcom - 09 Desember 2021 17:06 WIB
Pangeran Arab Saudi Bahas Keamanan Regional dengan Abu Dhabi
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Abu Dhabi. Foto: The National
Dubai: Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Abu Dhabi dalam kunjungan resmi pada Selasa, 7 Desember 2021. Kedatangannya sebagai bagian dari tur ke negara-negara Teluk menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk (GCC) minggu depan. 

Dilansir dari The National News, Kamis, 9 Desember 2021, perjalanan Putra Mahkota Arab Saudi dimulai di Oman pada Senin, dimana ia bertemu dengan Sultan Haitham bin Tarek untuk membahas serangkaian masalah yang saling penting bagi Saudi dan Oman.
Pembahasan tersebut mulai dari keamanan regional hingga pembangunan ekonomi. Topik serupa pun dibahas selama tur Uni Emirat Arab (UEA), selama pertemuan dengan Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi, dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Kunjungan Putra Mahkota berusia 36 tersebut dan KTT GCC yang akan segera menyusul merupakan pengingat penting akan keterkaitan kawasan tersebut. Selain itu, keinginan para pemimpinnya untuk mempertahankan rasa persatuan. 

Sejauh ini, berbagai diskusi yang telah diadakan disebut mencerminkan berbagai tantangan dan peluang yang sama besarnya, terbentang di depan Teluk saat tahun ini hampir berakhir.

Di Muscat, para pemimpin Arab Saudi dan Oman diketahui sepakat untuk membentuk dewan bersama untuk mempromosikan pembangunan ekonomi antara kedua negara. Mereka meresmikan jalan raya yang menghubungkan keduanya melalui Empty Quarter di kawasan itu. 

Jalan raya dinilai penting karena merupakan penghubung jalan pertama antara dua tetangga. Hal ini menjadikannya tidak hanya sebagai pengubah permainan ekonomi untuk potensi transportasi barangnya, namun juga simbol yang lebih luas dari kemajuan yang dibuat dalam mengkonsolidasikan integrasi ekonomi regional.

Integrasi lebih lanjut adalah bagian mendasar dari stabilitas regional, yang merupakan tema utama kunjungan Putra Mahkota ke Abu Dhabi. Arab Saudi dan UEA pun telah mengambil sejumlah langkah untuk mendiversifikasi ekonomi mereka.

Keduanya juga meningkatkan kekuatan dan daya saing ekonomi mereka selama setahun terakhir, serta manfaat regional dari pasar yang lebih kuat dan lebih terbuka di kedua negara tidak akan hilang dari pemerintah kawasan. 

Sheikh Mohamed menekankan, hubungan antara Arab Saudi dan UEA “didirikan di atas persaudaraan, sejarah, geografi, dan kepentingan bersama”.

Rasa persaudaraan sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi dunia, mulai dari mengatasi pandemi hingga perubahan iklim, di samping masalah keamanan yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Menjelang kunjungan Putra Mahkota, pertahanan udara Arab Saudi dilaporkan mencegat dua drone bersenjata, dan menghancurkan rudal balistik yang diluncurkan di Riyadh pada Senin.

Serangan itu dilakukan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman, yang menggulingkan pemerintah Yaman dan diakui secara internasional pada 2014. Houthi telah lama disponsori oleh Iran, serta serangan minggu ini yang terbaru dalam rentetan serangan terhadap berbagai  kota Saudi sepanjang tahun lalu.

Serangan tersebut menyoroti beberapa masalah keamanan regional yang akan menjadi fokus KTT GCC mendatang. Lain adalah campur tangan Iran di bagian lain dunia Arab, serta ambisi nuklir negara itu. 

Hal ini adalah tantangan yang sulit untuk diatasi, namun seperti yang telah ditekankan berulang kali oleh banyak diplomat Teluk dalam beberapa bulan terakhir, prinsip panduan dalam setiap upaya untuk mengatasinya adalah keinginan untuk hubungan damai dan sejahtera dengan Iran dengan mengutamakan kepentingan bersama.

Prioritas tujuan bersama disebut merupakan prinsip yang telah dipegang selama bertahun-tahun di Teluk. Selain itu, sebagai kesibukan terbaru dari kegiatan ekonomi dan diplomatik yang datang dengan tur menunjukkan, Putra Mahkota berniat untuk membawa ke masa depan. (Nadia Ayu Soraya)

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id