comscore

PM Baru Israel Desak Prancis Tekan Iran Soal Negosiasi Nuklir 2015

Marcheilla Ariesta - 05 Juli 2022 17:21 WIB
PM Baru Israel Desak Prancis Tekan Iran Soal Negosiasi Nuklir 2015
PM Israel Yair Lapid berbicara kepada awak media sebelum berangkat ke Prancis, 5 Juli 2022. (Guillaume LAVALL√ČE / AFP)
Tel Aviv: Perdana Menteri Israel Yair Lapid menekan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk lebih keras mendorong negosiasi program nuklir Iran. Ia juga memperingatkan bahwa kelompok Hizbullah yang didukung Iran sedang 'bermain api.'

Kunjungan Lapid ke Prancis merupakan lawatan pertamanya ke luar negeri sejak menjadi perdana menteri sementara pekan lalu. Ini menjadi kesempatan untuk melenturkan hubungan diplomatik Negeri Bintang Daud tersebut.
Prancis menjadi salah satu negara yang mencoba menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Pada 2018, Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump menarik diri secara sepihak dari JCPOA.

"Prancis sangat aktif dalam masalah Iran," kata seorang pejabat senior Israel, dilansir dari France24, Selasa, 5 Juli 2022.

"Israel menentang kembalinya JCPOA. Tapi kami tidak menentang kesepakatan, kami hanya mencari kesepakatan yang kuat," sambung dia.

Israel bukan pihak yang tergabung dalam negosiasi nuklir tersebut. Namun, mereka khawatir dengan nuklir Iran, dan akan mengambil tindakan militer jika diplomasi dianggap buntu.

Sejak AS keluar dari kesepakatan itu, Iran melanggarnya berkali-kali. Mereka meningkatkan proyek-proyek dengan potensi membuat bom nuklir. Namun, Teheran membantah tuduhan tersebut.

"Kami ingin mengakhiri pembicaraan tanpa akhir," kata pejabat Israel itu merujuk pada perundingan JCPOA yang tak kunjung selesai.

Ia menyerukan tekanan terkoordinasi kepada Iran. Israel memiliki front de facto dengan Iran di Lebanon, rumah bagi Hizbullah. Pejabat senior Israel, menyinggung penembakan pada Sabtu lalu, dan menuduh kelompok itu tengah 'bermain dengan api.'

Hizbullah dan Israel terlibat perang lintas perbatasan pada 2006. Sejak saat itu, hubungan keduanya tidak pernah membaik.

Baca:  Kecelakaan 'Misterius' di Fasilitas Senjata Iran Tewaskan Seorang Insinyur

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id