4 Orang Ditahan dalam Bentrokan Pemukim Israel dan Palestina di Sheikh Jarrah

    Marcheilla Ariesta - 22 Juni 2021 20:16 WIB
    4 Orang Ditahan dalam Bentrokan Pemukim Israel dan Palestina di Sheikh Jarrah
    Sebanyak empat orang ditahan dalam bentrokan Israel-Palestina di Sheikh Jarrah. Foto: AFP.



    Gaza: Bentrokan pemukim Israel dan warga Palestina kembali pecah di Yerusalem pada Senin, 21 Juni 2021. Sebanyak empat orang ditahan dalam bentrokan tersebut.

    Kepolisian Israel menyatakan mereka menahan empat orang usai bentrokan terbaru di Sheikh Jarrah pada Selasa, 22 Juni 2021. Meski demikian, mereka mengatakan belum tahu pihak yang terlebih dulu melakukan penyerangan.

     



    Dilansir dari laman New Zealand Herald, saksi mata mengatakan bentrokan mulai terjadi saat sekelompok pemukim Yahudi Israel berusaha mengusir sejumlah keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah.

    Sementara itu, Layanan Bulan Sabit Merah mengatakan kru mereka merawat 20 warga Palestina, termasuk 16 orang yang menderita semprotan merica dan gas air mata. Beberapa korban bahkan terluka oleh peluru berlapis karet.

    "Dua orang lainnya terluka, termasuk seorang pria tua yang dipukul di kepala," kata layanan tersebut.

    Baca juga: Bentrok dengan Israel, 20 Warga Palestina di Sheikh Jarrah Terluka

    Bulan Sabit Merah mengatakan pemukim melemparkan batu ke salah satu ambulansnya dan pasukan Israel menyemprotkan 'skunk water' ke ambulans kedua milik layanan tersebut.

    Kekerasan di Sheikh Jarrah menjadi salah satu pemicu pertempuran 11 hari di Gaza pada Mei lalu antara Hamas dan pasukan Israel. Gencatan senjata mulai berlaku pada 21 Mei, namun langkah pemukim Yahudi untuk mengusir puluhan keluarga Palestina terus berlanjut.

    Intervensi jaksa agung Israel di puncak kerusuhan menunda penggusuran tersebut. Namun, kelompok hak asasi mengatakan penggusuran masih bisa berlanjut dalam beberapa bulan mendatang karena perhatian internasional berkurang.

    Para pemukim Yahudi Israel telah melakukan aksi pengusiran keluarga Palestina dari wilayah tersebut selama beberapa dekade. Sheikh Jarrah berada di Cekungan Suci di luar tembok Kota Tua, salah satu wilayah paling sensitif di Yerusalem Timur.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id