Maroko Bantah akan Normalisasi Hubungan dengan Israel

    Willy Haryono - 25 Agustus 2020 09:47 WIB
    Maroko Bantah akan Normalisasi Hubungan dengan Israel
    Perdana Menteri Maroko Saad-Eddine El Othmani. (Foto: AFP)
    Rabat: Perdana Menteri Maroko Saad-Eddine El Othmani membantah negaranya akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel. Bantahan disampaikan di tengah laporan bahwa Maroko akan menjadi negara selanjutnya yang menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Uni Emirat Arab.

    "Kami menolak segala bentuk normalisasi dengan entitas Zionis karena hanya akan memperdalam pelanggaran terhadap hak-hak masyarakat Palestina," kata El Othmani kepada jajaran partai PJD, dikutip dari laman TOI, Senin 24 Agustus 2020.

    Pernyataan disampaikan menjelang kunjungan penasihat senior dan menantu Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, ke Israel. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sudah terlebih dahulu mendarat di Israel pada Senin pagi.

    Dari Israel, Pompeo dijadwalkan terbang ke Sudan, Bahrain, dan UEA. Kunjungan Pompeo merupakan upaya pemerintahan AS dalam memanfaatkan momentum usai UEA dan Israel menormalisasi hubungan diplomatik.

    Pekan kemarin, beberapa media melaporkan bahwa Maroko akan menjadi negara selanjutnya yang menormalisasi hubungan dengan Israel. Mengutip beberapa pejabat anonim AS, media Kan memandang Maroko sebagai kandidat selanjutnya karena sudah menjalin kerja sama pariwisata dan perdagangan dengan Israel.

    Masih dalam laporan yang sama, hubungan Maroko dengan AS akan membaik jika negara tersebut bersedia menormalisasi hubungan dengan Israel. Laporan itu juga menyebutkan bahwa Rabat ingin mendapat pengakuan Washington atas kedaulatan di wilayah sengketa Sahara Barat.

    Maroko merupakan salah satu sekutu AS, dan sudah sejak lama menjalin hubungan informal dalam bidang intelijen dengan Israel.

    Selain Maroko, beberapa negara lain seperti Bahrain, Oman, dan Sudan disebut-sebut akan menormalisasi hubungan dengan Israel di masa mendatang.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id