comscore

Houthi Serang Kota Marib di Yaman, 5 Orang Tewas

Marcheilla Ariesta - 27 Januari 2022 19:24 WIB
Houthi Serang Kota Marib di Yaman, 5 Orang Tewas
Rudal Houthi yang menyerang Yaman./AFP
Marib: Pemberontak Houthi Yaman melakukan serangan rudal balistik ke kota Marib yang strategis. Sebanyak lima orang tewas dan 23 lainnya terluka.

Marib merupakan benteng terakhir pemerintah di utara.
"Dua tentara dan tiga warga sipil tewas dalam serangan ini," kata petugas medis, dilansir dari Middle East Eye, Kamis, 27 Januari 2022.

Serangan ini diklaim oleh kelompok pemberontak Houthi. Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran telah berjuang untuk merebut Marib, yang terletak di provinsi kaya minyak dengan nama yang sama, selama berbulan-bulan.

Sebuah sumber militer pro-pemerintah juga mengatakan kepada AFP bahwa rudal balistik yang ditembakkan oleh Houthi mendarat di kota itu.

Serangan itu terjadi sehari setelah pasukan pro-pemerintah dari Brigade Raksasa yang didukung Uni Emirat Arab mengatakan mereka mengusir Houthi dari Harib, sebuah distrik utama di selatan Marib.

Baca juga: Serangan Udara Koalisi Arab Saudi Hantam Kamp Militer di Yaman

Menyusul serangkaian kekalahan teritorial, Houthi melancarkan serangan ke Uni Emirat Arab, menewaskan tiga orang dan menyebabkan eskalasi besar dalam perang tujuh tahun Houthi dengan pemerintah Yaman yang didukung barat.

Uni Emirat Arab adalah bagian dari koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak untuk mendukung pemerintah.

Serangan di Marib terjadi dua hari setelah serangan rudal terbaru Houthi di ibu kota Emirat Abu Dhabi. Serangan ini lebih dari seminggu setelah serangan mematikan pertama mereka di tanah UEA.

Arab Saudi menuduh Iran memberikan dukungan militer kepada Houthi, klaim yang dibantah oleh Teheran.

Sementara itu, kelompok hak asasi Amnesty International mengatakan bahwa koalisi 'menggunakan amunisi berpemandu presisi buatan Amerika Serikat' dalam serangan yang menghantam sebuah penjara Yaman.

Ratusan ribu telah tewas dan jutaan mengungsi dalam perang di Yaman, yang telah disebut PBB sebagai salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id