comscore

80 Siswa Kembali Diculik di Nigeria, Petugas Polisi Dibunuh

Fajar Nugraha - 18 Juni 2021 17:06 WIB
80 Siswa Kembali Diculik di Nigeria, Petugas Polisi Dibunuh
Ilustrasi oleh Medcom.id.
Kebbi: Sekelompok orang bersenjata membunuh seorang polisi dan menculik sedikitnya 80 siswa dan lima guru dari sebuah sekolah di negara bagian Kebbi, Nigeria. Ini adalah insiden terbaru yang marak di negara Afrika itu.

Serangan itu adalah penculikan massal ketiga dalam tiga minggu di barat laut Nigeria. Pihak berwenang mengaitkan bandit bersenjata yang menuntut pembayaran uang tebusan berada di balik kejadian Kamis 17 Juni 2021 itu.
Usman Aliyu, seorang guru di sekolah tersebut, mengatakan orang-orang bersenjata itu membawa lebih dari 80 siswa kebanyakan dari mereka adalah perempuan.

“Mereka membunuh salah satu (petugas polisi), menerobos gerbang dan langsung menuju kelas siswa,” kata Aliyu, seperti dikutip The Globe and Mail, Jumat 18 Juni 2021.

Juru Bicara Kepolisian Negara Bagian Kebbi, Nafiu Abubakar mengatakan, orang-orang bersenjata itu membunuh seorang petugas selama baku tembak dan juga menembak seorang pelajar, yang kimi sedang dirawat akibat lukanya.

Polisi Kamis malam belum merilis jumlah siswa yang hilang, dan juru bicara gubernur negara bagian Kebbi mengatakan, mereka sedang menghitung jumlah siswa yang hilang.

Serangan itu terjadi di sebuah perguruan tinggi pemerintah federal di kota terpencil Birnin Yauri. Abubakar mengatakan, pasukan keamanan sedang mencari di hutan terdekat untuk mencari siswa dan guru yang diculik.
 


Atiku Aboki, seorang warga yang pergi ke sekolah tak lama setelah tembakan berhenti mengatakan, dia melihat kepanikan dan kebingungan ketika orang-orang mencari anak-anak mereka.

“Ketika kami sampai di sana kami melihat siswa menangis, guru menangis, semua orang bersimpati kepada keluarga siswa yang diculik,” katanya melalui telepon.

“Semua orang bingung. Kemudian saudara laki-laki saya menelepon saya (untuk mengatakan) bahwa kedua anaknya belum terlihat dan tidak tahu apakah mereka termasuk di antara yang diculik,” sebutnya.

Bandit yang mencari uang tebusan telah menculik lebih dari 800 siswa Nigeria dari sekolah mereka sejak Desember dalam serangkaian penggerebekan. Beberapa telah dibebaskan sementara yang lain masih hilang.

Serangan di wilayah barat laut terpisah dari kelompok separatis yang berpusat di timur laut, di mana kelompok militan Boko Haram menjadi berita utama global pada tahun 2014 ketika menculik lebih dari 270 siswi dari kota Chibok.

(FJR)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id