500 Kendaraan Terbakar dalam Ledakan Truk di Perbatasan Afghanistan-Iran

    Willy Haryono - 14 Februari 2021 12:10 WIB
    500 Kendaraan Terbakar dalam Ledakan Truk di Perbatasan Afghanistan-Iran
    Ledakan truk BBM yang mengenai ratusan kendaraan terjadi di dekat kantor bea cukai perbatasan Afghanistan-Iran pada Sabtu petang, 13 Februari 2021. (Mehr)



    Herat: Lebih dari 500 kendaraan terbakar hebat di perbatasan Afghanistan-Iran pada Sabtu petang akibat terkena imbas ledakan sebuah truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM). Ledakan terjadi di dekat kantor bea cukai di Islam Qala di provinsi Herat, Afghanistan.

    Serangkaian foto dari lokasi kejadian memperlihatkan kobaran api dan kepulan asap hitam tebal yang bahkan terlihat dari kejauhan.




    Setidaknya 17 orang terluka terkena ledakan. Menurut juru bicara departemen kesehatan publik setempat Mohammad Rafiq Sherzai, para korban luka telah dilarikan ke klinik Islam Qala dan rumah sakit umum Herat.

    "Semua orang ketakutan. Mereka melarikan diri dari lokasi kejadian. Kemacetan lalu lintas terjadi," kata seorang saksi mata bernama Khalil Ahmad kepada kantor berita TOLO News pada Minggu, 14 Februari 2021.

    Gubernur Herat Waheed Qatali mengatakan pihaknya berusaha meminta bantuan dari Iran. Ia mengatakan otoritas setempat kurang memiliki sumber daya untuk memadamkan kobaran api yang begitu besar.

    Menurut laporan kantor berita IRNA, Iran berencana mengirim beberapa tim untuk membantu otoritas Afghanistan sesuai permohonan dari gubernur Herat.

    Laporan di saluran televisi Press TV memperlihatkan kerusakan di sisi perbatasan Afghanistan. Teheran menyebut ledakan tersebut tidak merusak kantor bea cukai di sisi perbatasan Iran.

    Baca:  Satu Orang Tewas dan 20 Terluka dalam Ledakan di Teheran

    "Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan di terminal perbatasan Dogharoon," tutur Omid Jahankhah, pengawas kantor bea cukai Iran di provinsi Razavi Khorasan.

    Otoritas Afghanistan dan Iran masih menyelidiki penyebab terjadinya ledakan.

    Iran merupakan salah satu pemasok utama beragam komoditas ke Afghanistan. Pada setiap harinya, terminal bea cukai di perbatasan Afghanistan-Iran dipenuhi trul-truk BBM.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id